Hindari 8 Perkataan Ini di Kantor, Nomor 6 Bisa Bikin Tersinggung

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 14:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 19 320 2093748 hindari-8-perkataan-ini-di-kantor-nomor-6-bisa-bikin-tersinggung-SuJoekfAP4.jpg Ilustrasi Kerja di Kantor (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Hubungan dengan rekan kerja di kantor harus dibuat senyaman mungkin. Tujuannya agar suasana menjadi sekondusif mungkin.

Supaya tidak canggung, salah satu cara untuk mencairkan suasana dengan mulai saling bercerita soal percintaan atau bahkan hal-hal yang tidak penting seperti bergosip.

Baca Juga: Curhat Kerjaan ke Bos? Begini Tipsnya Agar Tak Gagal Paham

Hanya saja, beberapa pakar memperingatkan agar tidak terlalu akrab dengan rekan kerja. Meskipun gosip ringan dapat bersifat positif, ada ungkapan atau percakapan tertentu yang dapat terdengar tidak profesional dan bahkan melecehkan.

Teman di Kantor

Beberapa kata dan hal yang tidak boleh Anda ucapkan kepada rekan kerja Anda, seperti dikutip Business Insider, Senin (19/8/2019),

1. Jangan Tanya Soal Gaji

Pertanyaan soal gaji akan membuat Anda terlihat tidak profesional dan dianggap tidak sopan. Bukan hanya ke teman kerja, menanyakan gaji kepada sahabat atau pun teman kecil kita sekalipun akan terlihat tidak sopan. Pasalnya gaji adalah sesuatu hal yang bisa dibilang sangat privasi dan tidak perlu ditanyakan oleh orang lain.

Baca Juga: Kena PHK Bikin Trauma, Ini Solusi Agar Tetap PD saat Wawancara Kerja

2. Jangan Menyebarkan Gosip

Bergossip memang seru dan kadang mencairkan suasana, tapi jangan salah menyebarkan aib atau gosip sesama teman kerja. Ini akan membuat terlihat lebih buruk oleh siapapun, dan Anda akan di cap sebagai tukang gosip.

3. Jangan Komentari Penampilan

Sebuah komentar yang baik untuk orang lain, kadang tidak selamanya dianggap baik olehnya. Makanya lebih baik jangan berkomentar apapun mengenai pakaiannya atau bahkan fisiknya, karena itu dianggap tidak sopan.

4. Jangan Mencampuri Masalah Pribadi

Akrab dengan teman kerja boleh saja, namun Anda harus ingat, jangan pernah mencampuri masalah pribadinya, apa lagi yang tidak ada kaitannya dengan mu, karena teman kerjamu akan merasa risih.

Kerja Ilustrasi Shutterstock

5. Jangan Pinjam Barang Pribadi

Sharing is caring, Tapi, tidak dengan meminjam barang pribadinya.

6. Jangan Tanyakan, Apakah Dia Sedang Hamil?

Pertanyaan ini jarang sekali terlihat positif, karena jika teman kerjamu sedang tidak hamil itu akan membuat anda terlihat menghina fisiknya.

7. Jangan katakan bahwa dia adalah seseorang yang bermasalah

Topik-topik seperti agama, politik, dan pemeliharaan anak terkadang muncul di tempat kerja, kata Randall. Tetapi berkomentar negatif tentang kelompok mana pun akan terlihat tidak bijaksana dan tidak profesional, dan itu bisa membuat Anda dalam masalah pelecehan.

Kerja Ilustrasi Shutterstock

8. Jangan Pinjam Uang

Banyak dari kita yang merasa sudah dekat dengan teman kerja, lalu dengan mudah nya kita meminjam uang untuk kepentingan kita sendiri. Jangan dilakukan ya, itu terlihat tidak sopan, karena kita tidak akan pernah tahu kondisi keuangan teman kerja kita.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini