nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Pendaftaran, Menpan RB: Jangan Ada Calo dan CPNS Titipan!

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 20:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 20 320 2094506 jelang-pendaftaran-menpan-rb-jangan-ada-calo-dan-cpns-titipan-jKCXDMLc8v.jpg Foto: Menpan-RB Syafruddin (Dokumentasi Humas Kemenpan-RB)

JAKARTA - Menjelang proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019, pemerintah mengingatkan semua pihak untuk tidak bermain alias menjadi calo proses rekrutmen. Hal tersebut dipastikan tidak akan bisa dan segera ditindak pihak berwajib.

Menteri PANRB Syafruddin mengatakan, pemerintah menginginkan rekrutmen yang baik, profesional, bersih dan tidak ada calo.

"Jangan ada yang bermain dengan proses rekrutmen CPNS. Jangan ada yang bermain dengan semua hal yang menghambat birokrasi, yang membuat birokrasi lamban, berbelit dan tidak responsif harus dikikis habis," tegas Syafruddin dalam keterangannya, Selasa (20/8/2019).

 Baca Juga: Pendaftaran Pegawai Pemerintah Setara PNS Dipastikan Molor, Kalau CPNS?

Menurutnya, kasus penipuan pengadaan CPNS yang telah berlangsung dari tahun 2011 hingga 2018 telah merusak fokus kinerja pemerintah membangun SDM ASN melalui program pembangunan Smart ASN sebagai pilar penyangga masa depan bangsa.

"Kita ingin memiliki bibit ASN terpilih dan yang terbaik, bukan yang dititip atau lulus tanpa kemampuan," katanya.

 Baca Juga: Tunjangan PNS Dijanjikan Naik 100% tapi Ada Syaratnya

Syafruddin mengatakan, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Kepolisian untuk menindak adanya calo. Di mana hal tersebut sudah dibuktikan dalam pengungkapan kasus penipuan pengadaan CPNS.

Bahkan untuk mendorong penguatan kapasitas ASN Nasional, Kementerian PANRB menginisiasi kerjasama dengan beberapa universitas ternama internasional. Sebab ke depan kinerja ASN harus bertumpu pada universitas sebagai pilar keilmuan dan membudayakan riset dalam pola kerja.

 Penerimaan CPNS 2019

(dni)

Berita Terkait

PNS

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini