nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Spesifikasi Lokasi Ibu Kota Baru, Bappenas: Lahannya Sudah Dikuasai Pemerintah

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 20:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 20 470 2094500 spesifikasi-lokasi-ibu-kota-baru-bappenas-lahannya-sudah-dikuasai-pemerintah-sAX1CwyaRA.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Ibu kota Indonesia resmi dipindahkan dari Jakarta ke Pulau Kalimantan. Belum tahu pasti letak ibu kota Indonesia akan dipindahkan ke Kalimantan bagian mana.

Terkait hal itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro pun membeberkan spesifik lokasi ibu kota baru.

"Kita cari lokasi di tengah, di air dan di selat Makassar. Jadi antara Kalimantan dan Sulawesi. Nah kita harus mikir di Kalimantan Timur atau Sulawesi Barat," kata dia pada acara ngobrol santai bersama sekitar 200 Milenial terkait pemindahan ibu kota di Kantor Bappenas Jakarta, Selasa (20/8/2019).

 Baca Juga: Banyak Spekulan di Kaltim soal Ibu Kota Baru, Bappenas: Tak Akan Ada Ganti Rugi

Kemudian lanjut dia, ibu kota baru juga yang terhindar dari gempa, tsunami, yang terjadi di Indonesia. Coba lihat peta Pulau Jawa banyak merahnya. Sulawesi, Maluku, Papua semua merah, yang hijau cuma di Kalimantan.

"Akhirnya kita memutuskan dari peta strategis adalah Kalimantan, karena risiko gempa kecil yang ada bencana asap kebakaran hutan, itu punya hanya beberapa area lahan gambut," tutur dia.

 Baca Juga: Di Depan Milenial, Kepala Bappenas: Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Ringankan Beban Jakarta

Dia menambahkan, ibu kota baru sudah pemerintah sampaikan. Seperti ada lahan luas, jangan bikin di atas lahan yang pas-pasan, maka dicari yang luas, yang dikuasai pemerintah.

"Dan jangan mimpi jadi spekulator karena lahan yang digunakan dikuasai pemerintah," katanya.

 Infografis Pemindahan Ibu Kota

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini