nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aksi Demo Bikin Alibaba Tunda IPO di Bursa Hong Kong

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 10:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 22 278 2095136 aksi-demo-bikin-alibaba-tunda-ipo-di-bursa-hong-kong-gZtVtsIxkS.jpg Foto: Alibaba

JAKARTA Alibaba dikabarkan menunda pencatatan saham perdananya di Bursa Efek Hong Kong. Padahal e-commerce terbesar di China ini, akan direncanakan akan initial public offering (IPO) pada Agustus atau Oktober tahun ini.

Baca Juga: Alibaba Bukukan Pendapatan Rp239,4 Triliun, Meningkat 42%

Hingga kini belum ada jadwal resmi kapan Alibaba IPO di Bursa saham Hong Kong. Pihaknya masih melihat adanya aksi protes terus berlanjut selama 11 minggu berturut-turut tanpa ada tanggapan dari pihak Kepolisian Hong Kong.

Alibaba

Melansir Business Insider, Kamis (22/8/2019), aksi protes menyebabkan bentrokan antara massa dan polisi mempengaruhi bisnis lokal yang kini menarik semua uang mereka dari ATM dan bank. Yang kemudian mengubahnya menjadi dolar AS.

Baca Juga: Kini UMKM Bisa Pakai Produk Alibaba

Aksi tersebut merubah rencana Alibaba yang mempertimbangkan akan mengumpulkan USD20 miliar hasil dari IPO. Alibaba akan memecahkan rekor IPO New York Stock Exchange sebesar untuk pertama kalinya di New York pada September 2014.

Jika pencatatan saham perdana ini terus berjalan, Hong Kong akan membuat Alibaba menjadi lebih dekat dengan investor China. Bursa Efek Hong Kong juga akan mengambil keuntungan dari perubahan peraturan yang telah di atur pada tahun 2018.

Alibaba

Andai tidak ada kerusuhan yang terjadi di Hong Kong, sebenarnya ini adalah waktu yang tepat untuk Alibaba mendekati pasar lokal. Karena perusahaan ini sudah berhasil menambah 98 juta pelanggan ke dalam catatannya selama 12 bulan terakhir dan telah meraup keuntungan sebesar USD3,1 miliar, meskipun perang dagang AS-China meningkat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini