nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kini UMKM Bisa Pakai Produk Alibaba

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 30 Mei 2019 13:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 30 320 2062135 kini-umkm-bisa-pakai-produk-alibaba-Rkj1jjHFBD.jpeg Foto: Dani Jumadil Akhir (Okezone)

SINGAPURA - Anak usaha Alibaba, Alibaba Cloud melebarkan bisnisnya. Perusahan besutan Jack Ma ini meluncurkan lebih dari 10 produk dan fitur baru pada Alibaba Cloud APAC Summit di Suntec Singapore Convention and Exhibition Centre, Singapura.

10 fitur baru ini termasuk program akselerator baru yang menghubungkan para mitra teknologi dengan ekosistem Alibaba.

President of Alibaba Cloud Intelligence International Selina Yuan mengatakan, sebagai penyedia teknologi awan publik terbesar di Asia Pasifik, Alibaba Cloud kini mempercepat transformasi digital di kawasan ini dengan membangun infrastruktur komputasi awan kelas dunia.

"Kami juga berada di baris terdepan dalam pengembangan data intelijen, " katanya di Singapura, Kamis (30/5/2019).

Menurutnya, Alibaba Cloud tidak hanya menyediakan infrastruktur yang menjadi tulang punggung keseluruhan perekonomian Alibaba dari e-commerce, pembayaran, logistik dan manajemen rantai pasokan, serta memastikan inklusivitas, sehingga teknologi komputasi awan bisa diakses oleh perusahaan dari berbagai skala.

“Kami sangat berkomitmen untuk memberikan kawasan Asia Pasifik ini layanan komputasi awan yang akan mendorong ekosistem teknologi yang terintegrasi dan berkelas dunia,” katanya.

Berikut 10 produk dan fitur terbaru yang tersedia untuk pertama kali di luar Tiongkok dan dapat diakses oleh pelanggan di seluruh dunia. Pertama, PolarDB: MySQL dan PostgresSQL – relational database yang kompatibel, dan dibangun untuk komputasi awan yang mengkombinasikan performa dan ketersediaan enterprise database tradisional dengan biaya yang lebih rendah.

Teknologi ini menawarkan skalabilitas, dengan arsitektur co-desain hardware-software. Solusi yang ditawarkan ini juga bisa ditingkatkan hingga 100TB dalam penyimpanan, yang akan membantu pelanggan untuk mengatur pertumbuhan big data.

Baca Juga: Ini Cara Alibaba Cloud Berdayakan Pebisnis Tumbuh di Asia Pasifik

Teknologi ini juga bisa ditingkatka hingga memori 88vCPUs dan 710GB serta memungkinkan pelanggan untuk membayar penggunaan per menit, memungkinkan pelanggan untuk dapat menangani kepadatan bisnis sambil menghemat biaya.

Kedua, Alibaba Log Service (SLS): SLS memungkinkan pelanggan untuk secara otomatis mengumpulkan log dari seluruh layanan, aplikasi dan layanan masing-masing, terlepas apakah mereka berada di dalam dan di luar awan. SLS memungkinkan log data untukditandai dari context derived. SLS juga memungkinkan seluruh keputusan diambil pada data inisecara real time untuk analisa tren, peringatan dan visualisasi.

Kemudian, dukungan Bring Your Own Key (BYOK): layanan keamanan yang end-to-end, yang menyediakan kontrol enkripsi pelanggan baik pada hardware maupun software, melindungi data pelanggan pada saat transit dan saat istirahat. BYOK yang baru ini juga mendukung ECS Cloud Disk, OSS dan RDS.

Selanjutnya, SaaS Accelerator: Sebuah platform di mana para mitra teknologi dapat dengan mudah membangun dan meluncurkan aplikasik SaaS dan meningkatkan cara bagaimana mengoperasikan bisnis dan teknologi yang sudah teruji pada Alibaba Economy. Akselerator ini membantu penyedia SaaS untuk secara cepat menyebarkan dan menguji aplikasi mereka pada awan, memperpendek implementasi lifecycle, dan mengakselerasi time-to-market. Teknologi ini juga memungkinkan mitra ekosistem seperti perusahaan ecommerce, penginapan, dan industri perjalanan, untuk secara cepat menjangkau pelanggan mereka dalam platform Alibaba. Teknologi ini juga menegaskan tiga pusat ekosistem SaaS: pusat komersial, pusat kapabilitas, dan pusat teknologi.

Selanjutnya, Software Smart Access Gateway (SAG): sebuah aplikasi untuk klien yang memungkinkan perangkat endpoint seperti telepon genggam, POS dan laptop untuk secara aman terhubung dengan Alibaba Cloud dan pusat data fisik dalam satu klik, mempercepat akses ke enterprise application dan berbagai sumber daya awan.

Kemudian, Container Registry (ACR) Enterprise Edition: Alibaba Cloud Container Registry (ACR) merupakan fully-managed container registry yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengatur dan menggunakan container image.ACR Enterprise Edition terintegrasi dengan Alibaba Cloud Container Service, mensimplifikasi arus kerja deployment to production.

Baca Juga: Alibaba Bahas E-Commerce hingga Gerbang Digital di Singapura

Teknologi ini menghilangkan kebutuhan pelanggan untuk mengoperasikan sendiri container repository atau menghilangkan kekhawatiran bagaimana meningkatkan infrastruktur yang mendasarinya.ACR menampung container image dalam arsitektur dengan tingkat ketersediaan tinggi dan dapat ditingkatkan lagi, di mana pelanggan dapat menggunakan kontainer dan meluncurkan aplikasi secara andal pada skala global.

Dan yang terakhir, Container Service for Kubernetes (ACK): Layanan yang fully-managed dan kompatibel dengan Kubernetes untuk membantu pengguna fokus pada aplikasi mereka daripada

mengelola sendiri infrastruktur kontainer. Teknologi ini menyediakan performa tinggi tingkat enterprise dan pengaturan yang fleksibel pada aplikasi-aplikas yang dikelola pada Kubernetes sepanjang siklus hidup aplikasi. Jasa ini mensimplifikasi penciptaan cluster dan ekspansi serta mengintegrasikan kapabilitas Alibaba Cloud pada virtualisasi, penyimpanan, jaringan,dan keamanan, menyediakan lingkungan yang teruji untuk aplikasi-aplikasi terorganisir pada Kubernetes. Sejalan dengan komitmen untuk membantu para pengusaha kecil, Alibaba Cloud juga meluncurkan kampanye dukungan layanan yang lebih baik, yang didesain untuk UMKM.

"Kini, mereka akan bisa mendapatkan keuntungan akses yang lebih besar pada sumber dan dukungan dari Alibaba Cloud. Keuntungan utama dari layanan dan dukungan yang lebih baik ini meliputi konsultasi pra-penjualan langsung dan personal, 24/7 layanan teknis, tambahan layanan teknis secara gratis dan bantuan purna jual yang lebih cepat, " katanya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini