Uang Rp10 Juta Dimakan Rayap, BI: Simpan di Bank!

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 20:24 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 22 320 2095447 uang-rp10-juta-dimakan-rayap-bi-simpan-di-bank-5YIQKQiv1n.jpg Uang Rp10 Juta Dimakan Rayap. (Foto: Twitter Putri Buddin)

JAKARTA - Beberapa waktu lalu dunia maya ramai dengan kisah uang senilai Rp10 juta milik Putri Buddin yang dimakan rayap. Uang dengan berbagai pecahan itu, akhirnya dibawa sebagian yakni Rp5,4 juta ke Bank Indonesia (BI), dengan pertimbangannya masih layak tukar. Sayangnya, hanya Rp1,05 juta yang bisa ditukarkan.

 Baca Juga: Viral Uang Rp10 Juta Dimakan Rayap, Ini Pembelajaran yang Harus Dipetik

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi menjelaskan, penukaran uang memiliki ketentuan yang harus dipenuhi. Di mana uang rusak hanya bisa ditukarkan jika kerusakannya tidak lebih dari 2/3 bagian.

"Jadi itu sudah ditukar di BI dan sudah dibilang, sesuai ketentuan kalau rusak lebih dari 2/3 tidak diganti, kalau 1/3 masih diganti. Sehingga dari Rp5,4 juta itu yang diganti hanya Rp1,05 juta," ujar dia di Kantor Pusat BI, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

 Baca Juga: Viral Uang Rp10 Juta Dimakan Rayap, Kisah Nyesek si Pemilik saat ke BI

"Sedangkan yang lain (uang selebihnya) sudah tidak bisa diganti, sudah seperti abu," imbuh Rosmaya.

 Uang Dimakan Rayap

Oleh sebab itu, dia mengimbau untuk masyarakat bisa menyimpan dan merawat uang dengan baik. Ada lima cara yakni jangan dilipat, jangan distaples, jangan diremas, jangan dibasahi, dan jangan dicoret.

"Juga kalau punya uang yah disimpan di bank," kata dia.

 Rapat Dewan Gubernur BI Sepakat Tahan Suku Bunga

Seperti diberitakan Okezone sebelumnya, Putri Buddin melalui cuitan di akun Twitter-nya pada Rabu (21/8/2019), bercerita pada tanggal 19 Agustus 2019 pergi ke BI untuk menukarkan uang yang rusak dimakan rayap tersebut. Ternyata, hanya Rp1,05 juta dapat ditukar.

"Niat hati biar ga boros, simpen uang di lemari, eh malah dimakan rayap, Sedih banget sumpah," ungkapnya dalam cuitan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini