Menteri Rini: LRT Jabodebek Jalur Cibubur-Cawang Beroperasi Akhir Oktober 2019

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 23 320 2095766 menteri-rini-lrt-jabodebek-jalur-cibubur-cawang-beroperasi-akhir-oktober-2019-iCao2lUVo9.jpeg LRT Jabodebek Beroperasi Akhir Oktober 2019. (Foto: Okezone/Taufik)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, PT Inka (Persero) akan melakukan uji coba kereta Light Rail Transit (LRT) pada rute Cawang-Cibubur.

 Baca Juga: Tinjau Proyek LRT Jabodebek, Menteri Rini Targetkan Beroperasi Sebelum Akhir Tahun

"Jadi saya datang ke sini karena sebentar lagi kita sudah akan meletakan satu rangkaian kereta (trainset), yang kita akan uji coba. Karena memang proyek LRT Jabodebek itu belum semuanya yang terselesaikan. Seperti di Bekasi tapi kita harapkan Cibubur-Cawang ini bisa beroperasi sebelum akhir tahun ini," ujar Rini saat meninjau proyek LRT Jabodebek di Cibubur, Jumat (23/8/2019).

Menurut dia, rangkaian kereta atau trainset sudah siap, di mana permulaannya pada September. "Dan kita akan taruh di sini ada satu trainset," tutur dia.

 Rini Tinjau LRT Jabodebek

Dia menjelaskan, trainset sudah akan datang dari Inka dan akan diuji coba. Rini juga melihat ada track yang tinggi dengan rendah. Nanti track yang tinggi bisa untuk depo sementara dan jalan untuk melakukan testing kereta.

"Kita bisa mengecek keadaan keretanya sudah baik atau tidak. Makanya kemarin kami mengecek terus mengenai electrical wiring," ungkap dia.

 Rini Tinjau LRT Jabodebek

Dia menambahkan, kereta listrik ini nantinya akan membuat simulasi-simulasi yang lebih mendalam, sehubungan dengan kemungkinan-kemungkinan aliran listriknya harus bisa lancar.

"Sehingga tidak ada masalah seperti kemarin, nanti kita udah mulai testing. testing Insya Allah sebelum akhir tahun. dan akhir tahun kita harapkan. Oktober akan ada tiga rangkaian kereta atau trainset. Kalau sudah ada empat trainset ini kita cukup yakin operasional minimal antara Cibubur ke Cawang-Cibubur pulang pergi," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini