nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Pindah, Jakarta Ganti Nama?

Delia Citra, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 13:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 24 470 2096102 ibu-kota-pindah-jakarta-ganti-nama-4Q95aqBzSG.jpg Ibu Kota Jakarta. (Foto: Okezone/Heru Haryono)

JAKARTA –Jakarta tidak akan lagi menjadi daerah khusus ibu kota (DKI). Sebab, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyatakan bahwa ibu kota negara akan dipindah dari Jakarta menuju Kalimantan.

Baca Juga: Asian Games Pupuskan Ide Bung Karno Pindahkan Ibu Kota ke Palangkaraya

“Jadi mungkin nanti Kemendagri perlu ubah nama Jakarta. Bukan DKI lagi,” ujar Sejarahwan LIPI Asvi Warman Adam, dalam diskusi Polemik MNC Trijaya soal Gundah Ibu Kota Dipindah di D'consulate Resto & Louge, Jakarta, Sabtu (24/8/2019).

Desain Ibu Kota Baru

Meski tak lagi menjadi daerah khusus, Jakarta akan tetap menjadi pusat bisnis. Tak hanya itu, sejarah Jakarta sebagai Kota Proklamasi juga akan terus diingat.

Baca Juga: Kemendagri Usul Tidak Ada Pilkada di Lokasi Ibu Kota Baru

“Kota bisnis tidak akan berubah posisi itu. Jakarta juga akan diingat sebagai Kota Proklamasi yang sejarahnya hanya sekali sepanjang masa,” ujarnya.

Menurutnya, wacana memindahkan ibu kota bukan merupakan persoalan baru. Beberapa puluh tahun yang lalu atau di era Presiden Soekarnor rencana memindahkan ibu kota ke luar Jakarta sudah disuarakan.

Ibu Kota Pindah

Namun niat Bung Karno harus ditangguhkan karena ada tawaran Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games.

"Bung Karno berpikir tidak mungkin itu (Asian Games) diadakan di kota baru yang sedang dibangun. Makanya Jakarta dibangun hotel, Sarinah, bahkan patung selamat datang di HI untuk ucapan selamat datang para atlet di Indonesia," tuturnya.

Desain Ibu Kota Baru

"Jadi persiapan Asian Games menyebabkan rencana pemindahan ibu kota terbengkalai. Hingga 1965 ada peralihan kekuasaan sehingga ide ibu kota tidak terdengar lagi," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini