nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akhirnya Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara Jadi Ibu Kota Baru RI

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 07:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 26 470 2096831 akhirnya-penajam-paser-utara-dan-kutai-kartanegara-jadi-ibu-kota-baru-ri-FQM3XNGY2h.jpeg Presiden Jokowi Umumkan Lokasi Pemindahan Ibu Kota Negara. (Foto: Okezone.com/Fakhri)

JAKARTA - Pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memutuskan untuk memintahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Tepatnya di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Presiden Jokowi mengatakan, setelah melakukan kajian mendalam selama tiga tahun, lokasi ibu kota baru paling ideal adalah di sebagian Penajam Paser Utara dan sebagian Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

"Paling ideal di Penajam Paser Utara dan sebagian Kutai Kartanegara," ujar Jokowi.

Okezone pun membuat sedikit ulasan mengenai lokasi ibu kota tersebut. Melansir situs resmi Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Kartanegara ini memiliki luas wilayah 27.263,10 km2 dengan luas perairan sekitar 4.097 km2 dan terbagi menjadi 18 wilayah kecamatan, yaitu Samboja, Muara Jawa, Sanga-Sanga, Loa Janan, Loa Kulu, Muara Muntai, Muara Wis, Kota Bangun, Tenggarong, Sebulu, Tenggarong Seberang, Anggana, Muara Badak, Muara Kayu, Muara Kaman, Kenohan, Kembang Janggut, dan Tabang.

Kabupaten Kutai Kartanegara berbatasan langsung dengan Kabupaten Penajam Paser Utara di sebelah selatan bersamaan dengan Kota Balikpapan. Sementara itu di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Bulungan, Kabupaten Kutai Timur dan Kota Bontang. Pada bagian timur dibatasi oleh selat Makassar dan Kabupaten Kutai Barat di sebelah barat.

Baca Selengkapnya: Lokasi Ibu Kota Baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini