Bertemu Alumni UI, Bambang Brodjonegoro Ungkap Alasan Ibu Kota Pindah

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 21:28 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 27 470 2097427 bertemu-alumni-ui-bambang-brodjonegoro-ungkap-alasan-ibu-kota-pindah-PdoKzgvSH5.jpeg Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro bertemu dengan alumni Universitas Indonesia (UI), di Gedung Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Bambang menerangkan soal ibu kota baru.

Baca Juga: Pemindahan Ibu Kota Tidak Akan Rusak Hutan

"Pertemuan tadi, kami mencoba menjelaskan kepada berbagai pihak terutama alumni UI terkait proses pemindahan pusat pemerintahan yang baru ini. Di mana pada intinya kita berfokus kepada urgensi Jakarta dan Pulau Jawa yang bebannya sudah luar biasa. Dan kesenjangan antara Pulua Jawa dan luar Jawa juga makin lebar. Kita ingin mencegah itu," kata Bambang Brodjonegoro, Selasa (27/8/2019).

Infografis pemindahan ibu kota baru

Menurut dia, pihaknya telah melakukan berbagai kebijakan, industrialisasi dan pariwisata di luar Jawa. Kemudian pengembangan kota metropolitan juga di luar Jawa dan pembangunan dari pusat pemerintahan baru.

Baca Juga: Ibu Kota Pindah Buat Properti di Kaltim dari Lesu Jadi Moncer

"Yang kami yakini dalam jangka menengah panjang ini. Akan memberikan dampak ekonomi yang cukup signifikan di mana nantinya akan mengurangi kesenjangan antara Pulau Jawa dengan luar Jawa," ungkap dia.

Dia menjelaskan pertemuan ini untuk menampung aspirasi pro dan kontra pemindahan ibu kota baru ini. Di mana Bappenas sangat terbuka pada setiap masukan.

"Jadi, bagaimanapun pandangan setiap pihak itu akan berbeda-beda. Bagi kami hal itu juga bisa menjadi masukkan, karena barangkali memang ada yang perlu disempurnakan dari analisa kita. Sehingga ke depannya pusat pemerintahan baru ini akan menjadi kebanggaan dari bangsa Indonesia," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini