nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daya Serap Air Tinggi, Beton Ini Cocok untuk Jalan Ibu Kota Baru

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Kamis 29 Agustus 2019 11:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 29 320 2098047 daya-serap-air-tinggi-beton-ini-cocok-untuk-jalan-ibu-kota-baru-0WmpJsRYW3.png Ilustrasi Topmix Permeable. (Foto: Okezone.com/Instagram Adhi Karya)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah merancang desain dasar pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim). Direncanakan akan banyak teknologi baru dalam pembangunan ibu kota di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Baca Juga: Angkutan Massal Ramah Lingkungan Bakal Dibangun di Ibu Kota Baru

Salah satu teknologi yang bisa digunakan untuk konstruksi dasar seperti jalan adalah menggunaan Topmix Permeable.

Perusahaan Lafarge Tarmac menemukan inovasi terbaru di bidang Konstruksi, di mana Topmix atau  beton ini mampu menyerap air sebanyak 600 liter meter persegi dalam satu menit. Sehingga ketika ada hujan tidak akan ada air yang menggenang permukaan jalan.

Beton Topmix Permebale

Melansir informasi dari instagram Adhi Karya, Kamis (29/8/2019), dilihat dari kelebihan Topmix Permeable juga sangat cocok untuk di pasang di jalanan seperi Jakarta karena beton ini mampu memanajemen lingkungan, membantu efisiensi biaya dan penempatannya cukup mudah.

Baca Juga: Draft RUU Pemindahan Ibu Kota Bakal Diberikan Akhir Tahun ke DPR

"Beton ini dinilai cocok untuk di tempatkan di jalanan ibu kota seperti di Jakarta dan kota - kota besar lain nya yang memiliki jalan raya yang cukup besar dan sering di lalui oleh kendaraan besar," tulis keterangan Adhi.

Selain itu beton ini dapat di aplikasikan di jalur sepeda, trotoar, dan beberapa sarana olahraga.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini