nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bandara YIA Tersambung Kereta, Jokowi: Lebaran Beroperasi Penuh

Kuntadi, Jurnalis · Kamis 29 Agustus 2019 14:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 29 320 2098126 bandara-yia-tersambung-kereta-jokowi-lebaran-beroperasi-penuh-WeBtPAIcGb.jpeg Presiden Jokowi Tinjau Bandara Kulonprogo. (Foto: Okezone.com/Dok. KBUMN)

KULONPROGO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan selesai pada akhir tahun ini. Harapannya pada Lebaran 2020 sudah full operation dan telah terkoneksi dengan akses kereta api.

Baca Juga: Tinjau YIA, Presiden Jokowi: Ini Bandara Besar Sekali

“Akan diselesaikan pada bulan Desember. Dan pada Maret 2020 sudah terkoneksi kereta api,” jelas Presiden Jokowi disela melakukan kunjungan ke YIA, Kamis (29/8/2019).

“Lebaran sudah full 100%, semuanya akan terkoneksi,” terang Jokowi.

Jokowi di bandara kuloprogo

Presiden juga mengapresiasi pembangunan di YIA yang sangat cepat. Bandara ini juga akan mampu menampung pesawat berbadan besar dan berat bisa turun. Hal ini didukung dengan kualitas runway yang kualitasnya bagus dan padat.

“Ini pembangunan airport yang cepat. Cepat sekali,” ujarya.

Baca Juga: Bos AP I Janji ke Jokowi Bandara YIA Beroperasi Penuh Mei 2020

Presiden datang didampingi ibu negara Iriana Jokowi, dan sejumlah menteri. Begitu turun, dari pesawat, presiden disambut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pariwisata Arif Yahya, beserta Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwo X. Ikut hadir Menko Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Seskab Pramono Anung.

Menurut Jokowi, bandara ini akan mampu menampung hingga 20 juta penumpang per tahun. Sementara di Adisutjipto Yogyakarta, hanya 1,8 juta penumpang saja.

Keberadaan bandara ini diharapkan mampu menjadi pintu masuk bagi wisatawan mancanegara. Nantinya akan ada penambahan slot yang besar untuk menarik turis dari luar negeri datang.

Bandara Ilustrasi Shutterstock

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan pembangunan YIA ditargetkan selesai selama dua tahun. Namun mereka mampu menyelesaikan selama 17 bulan saja, yang diharapkan pada akhir tahun semuanya sudah selesai.

“Pembangunannya paling cepat di Indonesia, mungkin juga di dunia,” katanya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini