nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Banyak Orang Tahu, Ternyata Begini Perawatan Pesawat Terbang

Delia Citra, Jurnalis · Jum'at 30 Agustus 2019 14:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 30 320 2098604 tak-banyak-orang-tahu-ternyata-begini-perawatan-pesawat-terbang-0lgSD0FOe2.jpeg Perawatan Pesawat Sebelum Lepas Landas. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pesawat terbang menjadi salah satu moda transportasi yang masih diminati banyak masyarakat karena mampu menghemat waktu perjalanan sangat cepat. Oleh karena itu, kondisi prima pesawat terbang harus dijaga dengan cara melakukan perawatan rutin.

Baca Juga: Di Balik 'Kuburan' Bus Transjakarta, Ini Faktanya!

Melansir instagram Kementerian BUMN, Jumat (30/8/2019), dijelaskan mengenai perawatan rutin pesawat terbang. Perawatan rutin untuk meningkatkan kualitas produksi pemeliharaan sehingga dapat dicapai tingkat kehandalan dan kesiapan pesawat yang optimal sesuai dengan dukungan yang tersedia.

Pemeriksaan perawatan pesawat dilakukan pada seluruh pesawat terbang setelah batas waktu atau penggunaan yang telah ditentukan.

pesawat

Perawatan pesawat biasanya dengan nama: A check, B check, C check, atau D check. A dan B check merupakan pemeriksaan yang lebih ringan, sedangkan C dan D dianggap sebagai pemeriksaan yang lebih berat.

Baca Juga: Bos Inka Buka-bukaan soal 'Kuburan' Bus Transjakarta

Di Indonesia sebenarnya ada lokasi perawat dan perbaikan pesawat di bengkel PT Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia Tbk. Di bengkel ini, tersedia fasilitas perawatan dan perbaikan komponen pesawat dari Airbus.

Pesawat Jenis Airbus A320 dan A330 sekarang sudah bisa di maintenance di Indonesia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini