nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Babak Baru Perang Dagang, AS-China Berlakukan Tarif Impor Tambahan Hari Ini

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Minggu 01 September 2019 13:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 01 20 2099235 babak-baru-perang-dagang-as-china-berlakukan-tarif-impor-tambahan-hari-ini-nz81ifZ1h9.jpg Babak Baru Perang Dagang, AS-China Berlakukan Tarif Impor Tambahan (Foto: Reuters)

JAKARTA - Episode baru perang dagang Amerika Serikat (AS) dengan China kian berlanjut. Hal ini ditandai dengan adanya tarif tambahan terhadap produk impor masing-masing yang diberlakukan mulai hari ini.

 Baca Juga: Trump Pastikan Tarif Impor Tambahan untuk China Berlaku Hari Ini

Melansir dari Reuters, Jakarta, Minggu (1/9/2019), tarif baru ini mulai diberlakukan pada 04.01 GMT (Minggu waktu setempat) atau pukul 11.01 WIB.

China akan mengenakan tarif sebesar 5% pada minyak mentah AS yang kini untuk pertama kalinya menjadi incaran sejak keduanya memulai perang dagang.

 Baca Juga: Perang Dagang AS vs China, Ini 3 Langkah Penyelamatan Diri

Sementara itu, Trump akan mulai mengenakan tarif tambahan 15% pada USD125 miliar produk impor China.

 Perang Dagang AS-China

Sebagai pembalasan, China mulai mengenakan tarif tambahan sebesar 5% dan 10% pada 1.717 dari total 5.078 produk yang berasal dari Amerika Serikat.

Menurut media pemerintah China, Amerika Serikat harus belajar berperilaku seperti layaknya kekuatan dunia yang bertanggungjawab.

 Perang Dagang AS-China

Sebagai satu-satunya negara adikuasa di dunia, Amerika dianggap harus memikul tanggung jawab dengan semestinya dan bergabung dengan negara-negara lain dalam menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik dan lebih makmur.

Ditetapkannya tarif baru dalam perang dagang ini semakin menambah ketegangan antara hubungan Amerika Serikat dan China.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini