nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Interview Langsung Diterima Kerja? Jangan Lupakan 15 Hal Ini

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Rabu 04 September 2019 06:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 03 320 2100105 ingin-interview-langsung-diterima-kerja-jangan-lupakan-15-hal-ini-WwlIzqaFU3.jpg 15 Tips Interview (Foto: Reuters)

JAKARTA - Mempersiapkan diri untuk interview sangat penting. Ini merupakan tahap terakhir untuk mendapatkan pekerjaan setelah mengirim CV dan berbagai macam tes. Maka dari itu, Anda perlu mempersiapkan interview dengan matang.

 Baca Juga: Cara Jawab Pertanyaan Pribadi saat Wawancara Kerja

Dikutip dari HerCampus, Jakarta, Rabu (4/9/2019), setidaknya ada 15 hal yang perlu Anda persiapkan sebelum interview. Berikut rangkumannya:

1. Petunjuk Arah

Sebelum datang, alangkah baiknya Anda tanyakan segalanya kepada orang yang ingin menginterview Anda. Mulai dari lokasi parkiran, ruangan yang Anda harus tuju, hingga kartu akses yang harus digunakan untuk masuk ke pintu sebagai tamu.

2. Uang

Siapkan uang untuk parkir kendaraan Anda. Jika naik transportasi umum, jangan lupa hitung berapa tarif yang harus Anda keluarkan agar tidak kekurangan uang.

 Baca Juga: 5 Jawaban Pintar saat Interview Agar Diterima Kerja

3. Membawa tas yang terlihat professional

Jangan bawa tas tangan yang membuat fashion Anda menjadi mati. Anda membutuhkan tas yang cukup besar agar bisa membawa segala keperluan interview dan merasa nyaman saat membawanya.

 

4. Membawa 'Tide To-Go Stick'

Harganya tidak terlalu mahal dan barangnya juga kecil sehingga bisa dibawa kemana saja. Jika Anda menemukan noda kotor bekas makanan atau minuman ataupun keringat padahal ingin interview, Anda bisa membersihkannya dengan alat ini.

 

5. Kartu nama

Tawarkan kartu nama Anda ke orang yang menginterview Anda. Jika belum punya, Anda bisa membuatnya dengan gratis di beberapa website yang menyediakannya.

 Interview Kerja

6. Permen karet

 

Usahakan napas Anda segar saat interview. Untuk itu, Anda membutuhkan permen karet agar bau mulut Anda terminimalisir.

7. Nomor telepon interviewer

Jangan lupa memiliki nomor orang yang akan menginterview Anda. Siapa tahu Anda mendapatkan kendala saat perjalanan ingin melakukan interview.

 

8. Kartu identitas

Setiap gedung pasti memiliki sistem keamanan mereka masing-masing. Maka dari itu penting untuk Anda membawa kartu identitas karena siapa tahu dibutuhkan sebagai syarat untuk masuk ke gedung.

 Interview Kerja

9. Buku catatan dan pulpen

Mungkin saja Anda akan mencatat beberapa hal penting saat interview. Kebiasaan ini bisa menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang cukup bijaksana di mata orang yang menginterview Anda. Bawa 2-3 pulpen untuk berjaga-jaga agar tidak takut kehabisan tinta.

10. Beberapa lembar CV

Orang yang menginterview Anda pasti sudah melihat CV Anda. Namun, pastikan Anda membawa 4-5 lembar CV untuk berjaga-jaga apabila dia ingin melihat lagi dan sebagai pegangan Anda jika diperintahkan untuk menceritakan pengalaman Anda sebelumnya.

11. Referensi

Biasanya orang yang menginterview Anda akan meminta beberapa nama orang beserta nomornya sebagai referensi dari apa yang Anda tulis di CV. Beritahu terlebih dahulu orang-orang yang Anda tulis agar mereka tidak kaget kalau sewaktu-waktu ditelfon oleh interviewer Anda.

 

12. Portfolio

 

Siapkan hasil pekerjaan Anda sebelumnya sebagai portfolio. Itu bisa berupa contoh desain, contoh tulisan, proposal, atau apapun itu yang berkaitan dengan pekerjaan Anda.

 

13. Flash disk

Jika Anda merasa bahwa contoh hasil pekerjaan Anda lebih bagus terlihat di komputer, maka siapkan flash disk yang berisi file hasil kerja Anda. Pastikan nama yang tertulis di flash disk adalah nama Anda.

 Interview Kerja

14. Melempar pertanyaan

Di akhir interview, usahakan Anda bertanya. Karena ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar fokus dalam interview sejak awal dan Anda memiliki ketertarikan dalam calon pekerjaan Anda.

15. Percaya diri

Persiapkan diri Anda dan yakinkan diri bahwa Anda lah yang paling berhak mendapatkan posisi tersebut. Jadi, usahakan untuk percaya diri agar Anda terkesan seperti seorang professional.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini