Investor Asing Nilai Perizinan Indonesia Masih Kacau

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 05 320 2101036 investor-asing-nilai-perizinan-indonesia-masih-kacau-8NP6g2oE0E.jpeg Ilustrasi Investasi. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa kecewanya mengenai perusahaan asing yang ogah investasi ke Indonesia. Hal tersebut disampaikan dalam dalam rapat terbatas (ratas) kemarin.

Baca Juga: Tak Dilirik Investor Asing, SDM Indonesia KO dari Vietnam dan Malaysia

Dari 33 perusahaan China yang keluar, 23 di antaranya memilih investasi di Vietnam. Kemudian 10 lainnya memilih Malaysia, Thailand dan Kamboja.

Investasi-Shutterstock

Menurut Pengamat Ekonomi Indef BhimaYudhistira, kurang diminatinya Indonesia sebagai tempat investasi karena masalah perizinan yang masih sulit di Tanah Air.

Baca Juga: Terungkap, Alasan Investor Ogah ke RI dan Lebih Pilih Vietnam-Malaysia

"Perizinan di Indonesia masih kacau, karena izin di daerah dan pusat masih tidak sinkron," ujarnya kepada Okezone, Kamis (5/9/2019).

Sebenarnya, kata Bhima, pemerintah tengah berusaha mempermudah dan mempercepat izin dengan sistem Online Single Submision (OSS). Hanya saja, perizinan terpadu tidak jalan karena kualitas Pegawai Negeri Sipilnya (PNS).

“Tidak ada sinkronisasi dari SDM di daerah dan pusat khususnya dengan OSS, karena SDM atau di daerah masih belum mengerti tentang OSS,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini