nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Uni Eropa Sebut Sawit Punya Kandungan Minyak Nabati Lebih Baik dari yang Lain

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 15:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 05 320 2101037 uni-eropa-sebut-sawit-punya-kandungan-minyak-nabati-lebih-baik-dari-yang-lain-foblXKgaaG.jpg Penyulingan kelapa sawit (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Uni Eropa menyebutkan bahwa kelapa sawit adalah penghasil minyak nabati terbaik. Hal ini dibandingkan dari tanaman-tanaman lain seperti rapeseed, bunga matahari dan kedelai dari sisi kualitas dan kuantitas.

Seperti diketahui, kelapa sawit mampu memproduksi 4 ton minyak nabati setiap hektare (ha). Sementara, produktivitas bunga matahari hanya 0,6 ton per ha dan kedelai hanya 0,4 ton per ha.

 Baca juga: Peningkatan Kualitas Auditor Percepat Sertifikasi Sawit Indonesia

"Kelapa sawit adalah tanaman yang luar biasa, bisa tumbuh dengan sangat cepat, memproduksi lebih banyak minyak dan membutuhkan lahan yang lebih sedikit. Jadi semua itu tidak perlu dipertanyakan lagi," ujar European Union Delegation Official Michael Bucki di Jakarta, Kamis (5/9/2019).

 Sawit

Namun, lanjut dia, jika dilihat dari segi pelepasan karbon ke udara, kelapa sawit adalah yang terburuk. Di mana terdapat kaitan antara kelapa sawit dan tingkat deforestasi tinggi selama periode 2008-2015.

 Baca juga: Sawit RI Disebut Merusak Lingkungan, Menko Luhut: Itu Tidak Benar

"Dari data yang kami kumpulkan, sebanyak 45% dari ekspansi kelapa sawit terjadi di daerah dengan cadangan karbon tinggi," ungkap dia.

Sedangkan, tutur dia, tanaman sumber minyak nabati lain hanya melepas karbon paling besar 10%. "Kami melihat ini bukan secara kualitas tanaman, tetapi secara pendekatan kepada lingkungan," pungkas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini