Soal Ibu Kota Baru, Bos Hutama Karya: Seru Ya

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 14:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 05 470 2100990 soal-ibu-kota-baru-bos-hutama-karya-seru-ya-dvey2D8xnA.jpg Bos HK soal Ibu Kota Baru (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) banyak dilirik oleh kontraktor milik negara/Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tak terkecuali oleh PT Hutama Karya (Persero).

Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo mengatakan, proyek pemindahan ibu kota merupakan peluang yang bagus bagi Perseroan. Pasalnya, pemindahan ibu kota ini memiliki potensi proyek pembangunan yang cukup besar untuk mendongkrak kinerja perseroan.

 Baca Juga: Beli Tanah di Ibu Kota Harus Segera Dibangun Rumah, REI: Itu Tantangan

Sebagai gambaran saja, jika melihat kebutuhan alokasi anggaran, dibutuhkan dana sebesar Rp466 triliun. Angka ini bisa mampu mendongkrak kinerja perseroan jika nantinya perusahaan konstruksi plat merah ini bisa ikut bagian dalam pemindahan ibu kota.

“Ibu kota baru ini seru ya,” ujarnya dalam acara ngobrol santai di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

 Baca Juga: Jokowi Berencana Jual Tanah di Ibu Kota Baru ke Individu, Berminat?

Bintang mengaku saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan-persiapan di internal perseroan sebagai langkah jaga-jaga jika pihaknya mendapatkan penugasan. Dirinya pun masih belum mengetahui penugasan seperti apa yang akan diberikan oleh pemerintah nantinya.

 Infografis Pemindahan Ibu Kota

"Tapi kita sudah mempersiapkan, kita mengikuti di sana ada prasarana jalan, infrastruktur ada gedung," ucapnya.

Sambil mempersiapkan diri dan menunggu penugasan dari pemerintah, Perseroan masih akan fokus dalam menyelesaikan proyek-proyek jalan tol di Trans Sumatera. Karena menurutnya, proyek Trans Sumatera ini juga sama pentingnya dengan proyek pemindahan ibu kota.

"Kami ada keterbatasan dan penugasan untuk menyelesaikan di Sumatera. Tapi kita bisa ikut di sana bagian yang tidak terlibat mungkin pembangunan gedung, mungkin Engineering, Procurement dan Construction (EPC) mungkin di sana perlu untuk tenaga listrik," katanya.

Namun menurut Bintang, dirinya optimis bisa mendapatkan banyak proyek di ibu kota baru. Pasalnya, Perseroan sudah teruji dalam menggarap proyek infrastruktur di beberapa daerah

"Oh Insya Allah banyak (proyek yang ditawarkan,” ucapnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini