nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Keuangan Tetap Stabil

Delia Citra, Jurnalis · Minggu 08 September 2019 17:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 08 320 2102094 4-hal-yang-perlu-dilakukan-agar-keuangan-tetap-stabil-HE5jHHylEb.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kebanyakan orang yang tidak bisa mengatur uang terbiasa dengan menghabiskan uang di awal bulan dan berhemat di akhir bulan. Hal ini jelas merusak keuangan kamu jika terus-terusan seperti ini.

Orang yang pandai mengatur keuangan pasti memiliki tujuan yang jelas. Mereka bisa mengatur uang untuk berbelanja, menabung, dan berinvestasi.

Baca Juga: Penting! Perhatikan Hal Ini Sebelum Investasi Emas

Mereka juga bisa menyeimbangkan keinginan dan kebutuhan dan secara aktif, sehingga terhindar dari berbagai godaan yang dapat menguras keuangan kamu.

Jika kamu dapat mengatur uangmu dengan baik, hal ini tentunya dapat menjadi kaya. Tetapi, ada hal yang harus dilakukan setiap hari jika ingin mempertahankan status itu. Berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk tetap menjaga keuanganmu setiap harinya, dilansir dari Business Insider, Minggu (8/9/2019).

1. Harus Bisa Menyeimbangkan Keinginan dan Kebutuhan

Setiap orang mempunyai keinginan di dalam hidupnya dan kadang itu muncul begitu saja. Parahnya kita tidak bisa menahan keinginan tersebut.

Tips mengatur keuangan

Hal ini tentu merusak keuangan, karena kadang kemauan kamu tidak sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu tidak bisa menyeimbangan antara kemauan dan kebutuhan ini tentunya sangat bahaya dengan keuanganmu jika dibiarkan begitu saja.

2. Membuat keputusan yang menempatkan kamu lebih dengan tujuanmu

Orang yang pandai mengatur keuangan, mereka mulai menabung sedini mungkin, menghindari hutang yang berbunga tinggi, dan berkomitmen untuk menumbuhkan uang mereka melalui investasi.

Baca Juga: Investasi dari Uang Tip dan Jadi Kaya, Caranya?

Yang paling penting, kamu bisa menempatkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Kamu juga bisa memposisikan diri kamu untuk kenaikan gaji ditempat kerja dan melacak pengeluaran kamu. Hal ini membawa kamu selangkah lebih dekat untuk mencapai tujuan keuangan kamu.

3. Membatasi Godaan

Pada saat kamu mencoba untuk menghabiskan uang lebih sedikit dan menabung lebih banyak, godaan mungkin adalah musuh terbesar. Orang yang mahir dengan uang berpikir di mana mereka akan menghabiskan uangnya.

Mereka biasanya bertujuan untuk membatasi eksposur pada situasi di mana tergoda untuk mengeluarkan uang terlalu banyak pada hal-hal yang tidak selaras dengan tujuan.

4. Sabar

Banyak orang yang hanya fokus pada dua hal ketika menyangkut masalah uang, yaitu menghasilkan dan membelanjakannya. Salah satu jalan paling umum menuju kekayaan adalah menabung dan berinvestasi secara konsisten.

Jadi jika kamu ingin mengatur keuangan sebaik mungkin, kuncinya itu harus sabar. Kamu harus bisa menabung dengan sabar sampai hasilnya itu tinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini