nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tol Cisumdawu Terlihat Gunung dan Masih Berselaput Kabut, Jokowi: Indah Bukan?

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Senin 09 September 2019 10:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 09 320 2102326 tol-cisumdawu-terlihat-gunung-dan-masih-berselaput-kabut-jokowi-indah-bukan-76WA3CfnaF.png Tol Cisumdawu dengan Terowongan dan Terlihat Gunung (Foto: Instagram/@jokowi)

JAKARTA - Dalam rangka mengembangkan kawasan Cirebon-Subang-Majalengka sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru, pemerintah membangun Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan). Hal ini diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 Baca Juga: Melihat Pembangunan Seksi 1-3 Tol Cisumdawu

Melalui unggahannya di instagram, Jokowi mengatakan kalau jalan tol ini akan memperlancar akses kendaraan dan memajukan pertumbuhan ekonomi kawasan setempat.

"Kehadiran Tol Cisumdawu akan memperlancar akses kendaraan dari Bandung yang menuju Bandara Kertajati di Majalengka dan mendukung pengembangan kawasan segitiga emas Cirebon-Subang-Majalengka sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru," kata Jokowis seperti dikutip instagram resmi @jokowi, Senin (9/9/2019).

 Jokowi Soal Tol Cisumdawu

Dalam postingan tersebut, terlihat jalan tol dua arah bersisian melalui terowongan kembar sepanjang 472 meter menembus perut gunung. Di atasnya, nampak jalan-jalan dan jembatan bersilangan menghubungkan permukiman warga Desa Cilengser di Kecamatan Ranca Kalong, Sumedang.

"Dan di kejauhan, terlihat gunung menjulang dan masih berselaput kabut. Indah, bukan?" tanya Jokowi.

Menurut Jokowi, terowongan ini berada di seksi dua Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Tidak hanya itu, Jokowi juga menjelaskan jalan tol ini secara spesifik, mulai dari seksi 1-3, hingga seksi 4-6. Namun, untuk seksi 4-6, masih belum jelas kapan proyek akan rampung.

"Jalan tol ini panjangnya 61,5 kilometer yang terdiri atas enam seksi. Seksi 1-3 sepanjang 32,3 kilometer ditargetkan rampung akhir tahun 2020. Adapun sisanya, seksi 4-6 sepanjang 29,2 kilometer sebagian dalam tahap konstruksi, sebagian dalam tahap pembebasan pembebasan lahan," kata Jokowi.

 Jokowi Soal Tol Cisumdawu

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini