nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kristalina Georgieva Calon Kuat Bos IMF, Pengganti Lagarde

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 10:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 10 20 2102820 kristalina-georgieva-calon-kuat-bos-imf-pengganti-lagarde-P6ltgkXO6q.png Kristalina Georgieva. (Foto: Okezone.com/Reuters)

WASHINGTON - Dewan eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) mempertimbangkan pencalonan Kristalina Georgieva, Bulgaria, menjadi Ketua IMF. Saat ini Georgieva menjabat sebagai Kepala Eksekutif Bank Dunia sejak Januari 2017.

Baca Juga: Batas Usia Diminta Dihapus, Georgieva Punya Peluang Pimpin IMF

IMF menyetujui penghapusan batas usia untuk posisi direktur pelaksana. Karena hal itu, terbuka bagi Georgieva yang berusia 66 tahun untuk memimpin pemberi pinjaman multilateral tersebut.

Pada peraturan sebelumnya, IMF melarang pengangkatan seorang kandidat yang berusia 65 untuk menjadi direktur pelaksana. Kemudian melarang direktur pelaksana untuk melayani hingga usia yang ke-70 tahun.

IMF WB

Atas keputusan tersebut, Georgieva dipilih Uni Eropa untuk memimpin IMF. Dia pun menjadi satu-satunya calon untuk posisi itu, karena periode untuk mengajukan nominasi ditutup pada Jumat lalu. Demikian dikutip dari Xinhua, Selasa (10/9/2019).

Baca Juga: UE Pilih Kepala Eksekutif Bank Dunia Georgieva Jadi Pengganti Lagarde di IMF

Asal tahu saja, pada Juli, Christine Lagarde mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Kepala IMF per 12 September atau tak lama setelah dia dicalonkan sebagai Presiden Bank Sentral Eropa (ECB). Dengan kekosongan pucuk pimpinan tersebut, IMF mulai melakukan proses seleksi untuk mencari direktur pelaksana berikutnya.

(rhs)

Berita Terkait

IMF

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini