nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PUPR Terus Kuatkan Informasi Rantai Pasok Industri Material untuk Ibu Kota Baru

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 15:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 10 470 2102992 pupr-terus-kuatkan-informasi-rantai-pasok-industri-material-untuk-ibu-kota-baru-WUib0SWEeN.jpg Jalan Layang (Reuters)

JAKARTA - Mendukung rencana pemindahan lokasi Ibu Kota Negara dan menjalankan visi pembangunan infrastruktur tahun 2020-2024. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), terus melakukan penguatan informasi rantai pasok industri Material dan Peralatan Konstruksi (MPK) berbasis digital.

"Jadi terobosan ini untuk mendorong digitalisasi informasi rantai pasok MPK. Yang di mana sangat diperlukan dalam pembangunan infrastruktur," ujar Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanudin di kantornya, Selasa (10/9/2019).

Baca juga:  Tol Pertama di Ibu Kota Baru, Jokowi: Waktu Tempuh Cuma Sejam

Menurut dia, digitalisasi informasi rantai pasok MPK juga untuk meningkatkan kecepatan dan kualitas hasil yang sangat diharapkan manfaatnya oleh masyarakat. Di mana penyelenggaraan rantai pasok tenaga kerja, material, dan peralatan konstruksi bakal menjadi tantangan dalam pembangunan infrastruktur dalam 5 tahun ke depan.

 Pemindahan Ibu Kota

"Pengelolaan rantai pasok disebut harus efisien karena skala pembangunan infrastruktur akan jauh lebih besar," ungkap dia.

 Baca juga: Ibu Kota Pindah, Harga Tanah di Jakarta Tetap Selangit

Dia menambahkan, pihaknya ingin seluruh stakeholder rantai pasok berkoordinasi untuk bekerja sama dalam rangka melakukan pemetaan registrasi data-data yang mereka miliki.

"Dan kemudian Pemerintah mendukung dari sisi regulasi dan data-data dari Pemerintah. Itu gunanya informasi digital sehingga mempermudah menginformasikan kepada masyarakat," pungkas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini