nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tol Pertama di Ibu Kota Baru, Jokowi: Waktu Tempuh Cuma Sejam

Fakhri Rezy, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 15:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 10 470 2102980 tol-pertama-di-ibu-kota-baru-jokowi-waktu-tempuh-cuma-sejam-nE7awTtsOr.jpg Jalan tol Balikpapan-Samarinda (Foto: Okezone.com/Instagram/Jokowi)

JAKARTA - Pemerintah menargetkan jalan tol Balikpapan ke Samarinda akan rampung di akhir 2019. Pasalnya, jalan tol tersebut melewati ibu kota baru.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, jalan tol Balikpapan-Samarinda akan meintasi Samboja di Kutai Kartanegara. Di mana, daerah tersebut merupakan lokasi ibu kota negara baru.

 Baca juga: Soal Ibu Kota Baru, Menko Luhut: Kalau Tak Mau Pro Kontra ke Surga Aja

Dirinya mengatakan, jalan tol Balikpapan-Samarinda terentang sepanjang 99,35 kilometer di antara dua kota di Kalimantan Timur.

 Ibu Kota

"Waktu tempuh yang dulu sampai empat jam melalui jalan biasa, melalui jalan tol hanya sekitar satu jam saja," ujar Jokowi dalam keterangan instagram resminya, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

 Baca juga: Ibu Kota Pindah, Harga Tanah di Jakarta Tetap Selangit

Dirinya pun menyebut nama jalan tol dan daerahnya layaknya pantun. Hal ini dikarenakan nada kata-katanya layaknya sebuah pantun.

"Dari Balikpapan ke Samarinda, melintasi Samboja di Kutai Kartanegara. Ini bukan sampiran pantun, tapi jalan tol yang akan rampung pada akhir tahun 2019 di Pulau Kalimantan," ujarnya.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendukung penuh rencana pemindahan Ibu Kota Negara dari DKI Jakarta ke wilayah dua Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Salah satu jalan tol yang dikelola oleh anak usaha Jasa Marga, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, akan melintasi Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara yang hingga awal September 2019 ini hampir rampung 100%.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini