nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gaji Insinyur RI Sudah Setara dengan Asing

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 14:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 11 320 2103454 gaji-insinyur-ri-sudah-setara-dengan-asing-s1llp6oASl.jpg Tenaga Kerja Konstruksi (Reuters)

JAKARTA - Persatuan Insinyur Indonesia (PII), mencatat standar gaji insinyur Indonesia dengan asing sudah setara. Hal ini berdasarkan standar kompetensi skala Internasional.

"Jadi lulusan insinyur Indonesia yang sudah certified sebagai insinyur berdasarkan undang-undang keinsinyuran itu, kerja di mana saja sudah diakui," ujar Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Heru Dewanto di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

 Baca juga: 181 Jabatan Konstruksi Bisa Diisi Tenaga Kerja Asing, Ini Penjelasan PUPR

Menurut dia, penciptaan SDM unggul untuk insinyur harus ditingkatkan. Pasalnya dengan era revolusi industri telah membuat dunia berubah dengan cepat.

 Insinyur (Reuters)

"Indonesia mau tidak mau harus berlari kencang mengejar gelombang perubahan tersebut. Salah satunya adalah melalui penciptaan sumber daya manusia (SDM) yang unggul," ungkap dia.

 Baca juga: AS Akan Tambah 130.000 Lapangan Kerja di Agustus

Dia menjelaskan gaji para insinyur tanah air setara dengan asing telah membawa lembaga akreditasi prodi teknik nasional, yakni Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) kini setara lembaga akreditasi dunia.

"Kemudian, sertifikasi insinyur profesional Indonesia yang telah disetarakan dengan standard APEC register di wilayah Asia Pasific dan Acpe di ASEAN," pungkas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini