nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukalapak PHK Karyawan, Menkominfo: Bukan Mau Tutup!

Fakhri Rezy, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 16:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 11 320 2103516 bukalapak-phk-karyawan-menkominfo-bukan-mau-tutup-LNY8JtYYJv.jpg Menkominfo Rudiantara (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara mengatakan Pemutusan hubungan kerja (PHK) massal karyawan Bukalapak bukan karena kejatuhan perusahaan. Hal ini dinilainya lumrah bagi perusahaan yang sedang merintis.

Rudiantara menerangkan bahwa Bukalapak merupakan perusahaan e-commerce yang mampu berkembang tiga kali lipat lebih cepat ketimbang perusahaan startup lainnya. Logikanya, bila sedang menyusun strategi, akan mengurangi pegawai untuk digantikan yang lebih sesuai dengan strategi baru.

 Baca juga: Dikabarkan PHK Karyawan, Bukalapak Blakblakan Kondisi yang Sebenarnya

"Ada (karyawan) yang keluar pasti ada yang masuk. Lain dengan perusahaan yang dikatakan mau tutup rugi, itu lay off. Kalau saya lihat itu tidak terjadi di Bukalapak," ujar Rudiantara, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

 Bukalapak

Rudiantara sudah berkomunikasi dengan petinggi Bukalapak soal adanya pemecatan massal dari salah satu perusahaan unicorn dari Indonesia ini. Ia pun memastikan bahwa kondisi keuangan Bukalapak tidak bangkrut.

 Baca juga: Intip Hasil Pertemuan Sri Mulyani dengan Bos Bukalapak

"Kalau saya sih bicara dengan foundernya enggak (kolaps). Tokopedia aja sebulan sekarang GMV-nya aja USD1 miliar. Setahun USD12 miliar," ujar Rudiantara.

Rudiantara menerangkan bahwa Bukalapak bukan perusahaan seperti pabrik yang harus stabil. Bukalapak, lanjut dia, merupakan e-commerce yang harus dinamis dan menerapkan strategi bisnis yang mampu berubah-ubah.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini