nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiga Bandara Sayembara Telan Investasi Rp300 Miliar

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 15:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 13 320 2104445 tiga-bandara-sayembara-telan-investasi-rp300-miliar-1UCyjc2Q2H.jpg Bandara (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemhub) memilih desain terminal tiga bandara melalui kompetensi sayembara. Ketiga bandara itu adalah Bandara Ngloram (Cepu), bandara di Karimun Jawa, dan bandara di Sukabumi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk investasinya setiap Bandara diperkirakan menelan biaya investasi Rp100 miliar. Jika ada tiga bandara maka butuh uang sebesar Rp300 miliar.

 Baca juga: Baru 4 Bulan Beroperasi, Bandara Internasional Yogyakarta Melayani 96 Ribu Penumpang

“Untuk setiap Bandara kira-kira Rp100 miliar,” ujarnya saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

 Bandara

Mengenai kontraktornya , Budi mengaku belum memutuskannya. Sebelum ditunjuk kontraktornya, pihaknya akan menunjuk pemenang dari tiga desain bandara terlebih dahulu.

 Baca juga: Dibangun 2020, Bandara Kediri Ditarget Selesai Tak Lebih dari 2 Tahun

“Belum, jadi kita pisahkan, kalau selama ini lelangnya desain dan pilih, jadi memilih para pihak sesuai dengan ide dan harga,” jelasnya.

Menurut Budi, setelah pemenang didapat selanjutnya pihaknya akan melelang desain proyek kepada kontraktor. Namun dirinya tidak menyebutkan berapa proses tersebut bisa dijalankan hingga mendapatkan kontraktornya.

 Baca juga: Dibangun 2020, Bandara Kediri Ditarget Selesai Tak Lebih dari 2 Tahun

“Sekarang ini kita pisah. Kita tenderkan dulu desainnya yang terbaik baru ditender baru cari kontraktornya,” ucapnya.

Sebagai informasi, proses sayembara desain bandara ini diselengarakan dengan bekerja sama Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Hal itu bertujuan untuk memberdayakan dan memberikan wadah bagi arsitek-arsitek lokal.

Budi menuturkan, hasil karya pemenang tersebut nantinya akan digunakan sebagai acuan pembangunan di tiga bandara tersebut yang sedang dalam proses pembangunan. Khusus Bandara Ngloram, lanjut Menhub, kini telah memasuki tahapan land clearing dan ditargetkan selasia akhir 2020.

Sedangakan bandara di Karimun Jawa, kini sudah ada namun akan dikembangkan lebih lanjut. Bangunan-bangunan terminal akan diganti bangunan baru dengan hasil desain pemenang komposisi yang telah dilaksanakan.

Kompetisi desain bandara ini merupakan yang kedua kalinya digelar setelah tahun lalu. Rencananya, tahun depan sayembara serupa juga digelar utamanya untuk pembangunan bandara-bandara di wilayah Timur Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini