nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kementerian ESDM Terbitkan Izin Penambahan Ekspor Freepot Jadi 700 Ribu Ton

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 17:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 13 320 2104536 kementerian-esdm-terbitkan-izin-penambahan-ekspor-freepot-jadi-700-ribu-ton-Gzw8V5PjFK.jpg Freeport (Reuters)

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), telah menerbitkan izin penambahan kuota ekspor tembaga kepada PT Freeport Indonesia (PTFI). Penambahan kuota ekspor tembaga itu sebesar 500 ribu ton.

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral Ditjen Mineral dan Batu bara Kementerian ESDM Yunus Saefulhak mengatakan bahwa penambahan itu tiga kali lipat lebih dari kuota ekspor beberapa bulan yang lalu. Di mana Maret yang lalu hanya 198.282 ton.

 Baca juga: Menteri Rini Minta Freeport-Inalum Bangun Smelter di Papua

"Jadi, totalnya, kuota ekspor tembaga yang diperoleh Freeport menjadi 700 ribu ton. Dan penambahan kuota ekspor tersebut sudah diterbitkan pekan ini," ujar dia di Kemenko Perekonomian Jakarta, Jumat (13/9/2019).

 Freeport

Menurut dia, revisi tambahan kuota ekspor tembaga dilakukan sesuai dengan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) yang akan dimulai bulan ini, September 2019.

 Baca juga: Transisi Penambangan, Produksi Freeport Baru Optimal pada 2022

"Penambahan kuota tersebut nantinya berasal dari optimalisasi lapangan tambang yang sudah tersedia. Kita juga pastikan penambahan kuota ini tidak mempengaruhi target produksi yang telah ditetapkan. Tahun 2019 Freeport telah mengantongi kuota produksi sekitar 1,2 ton tembaga," ungkap dia.

Sebelumnya, PT Freeport Indonesia (PTFI) mengajukan tambahan kuota produksi kepada Kementerian ESDM. Pengajuan itu untuk menggenjot produksi konsentrat tembaga.

(rzy)

Berita Terkait

PT Freeport Indonesia

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini