nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah dan Pengusaha Akan Ekspor Barang Ritel ke AS

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 19:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 13 320 2104575 pemerintah-dan-pengusaha-akan-ekspor-barang-ritel-ke-as-fiIPbHXzaW.jpg Pelabuhan (Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menggelar rapat koordinasi mengenai proyek peningkatan ekspor terpadu. Rapat tersebut dilakukan di Kantor Kementerian bidang Kemaritiman Jakarta, hari ini.

Pada rapat tersebut, hadir juga Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani Wakil Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta Kamdani dan para Bankir.

 Baca juga: Penjelasan Lengkap Pengusaha soal Pelarangan Ekspor Nikel

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi mengatakan, pada rakor kali ini, pemerintah dan pengusaha tengah menyisir produk-produk apa saja yang bisa ekspor ke Amerika Serikat (AS).

 Sofjan Wanandi

"Tadi pada rapat ini, ada US Chambers. Di mana pengusaha-pengusaha untuk apa yang kita supply dan apa yang kita lakukan," ujar dia, Jumat (13/9/2019).

 Baca juga: Tingkatkan Ekspor dengan Perbanyak Perjanjian Perdagangan Baru

Sementara itu, Menko Luhut mengatakan pihaknya sebenarnya sudah mulai dari dua bulan yang lalu waktu dirinya ke AS untuk membicarakan hal tersebut.

"Jadi US Chamber kerja sama dengan Kadin dan Asosiasi untuk investasi memenuhi kebutuhan impor di AS," kata dia.

Maka itu, lanjut dia, asosiasi semua nanti akan hadir untuk kebutuhan tersebut. Asosiasi itu, seperti, asosiasi sepatu, macam-macam tekstil, garmen dan segala macam.

"Sekarang sepakat eksekusi penentuan peningkatan ekspor pada 15 Oktober 2019. Kemudian, untuk mulai ekspor akan dilakukan pada enam bulan ke depan," ungkap dia.

Sedangkan, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani,

menegaskan kerja sama ini cukup menarik karena di inisiasi oleh asosiasi-asosiasi yang ada di Indonesia dan US Chamber.

"Jadi konsentrasinya untuk menjual ekspor untuk barang riteler di AS intinya itu. Nanti akan diikuti oleh baik sifatnya roadshow kita ke mereka kita ketemu dengan level senior eksekutif di sana. Jadi, dari perusahaan-perusahaan ritel dan sebaliknya mereka ke Indonesia untuk melihat langsung fasilitas yang kita punya. Pabrik dan segala macam," jelas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini