nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penjelasan Lengkap Pengusaha soal Pelarangan Ekspor Nikel

Feby Novalius, Jurnalis · Minggu 08 September 2019 15:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 08 320 2102104 penjelasan-lengkap-pengusaha-soal-pelarangan-ekspor-nikel-CUr631AmJ6.jpg Smelter. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Asosiasi Penambangan Nikel Indonesia (APNI) siap mendukung program pemerintah dalam hal hilirisasi, pengolahan dan pemurnian smelter nikel.

Asal tahu saja, pemerintah akan menghentikan pemberian insentif ekspor (pelarangan ekspor) hasil tambang mineral jenis nikel terhitung mulai 1 Januari 2020. Penghentian pemberian insentif ekspor nikel berasumsi bahwa sudah banyak smelter nikel yang terbangun di Indonesia.

Baca Juga: Ekspor Nikel Dilarang, Menko Luhut: Ini Bagus

“APNI sangat mendukung segala bentuk kebijakan dan regulasi yang diterbitkan pemerintah sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku di Indonesia,” ujar Ketua Umum APNI Insmerda Lebang, dalam keterangannya, Minggu (8/9/2019).

Smelter

Hanya saja, lanjutnya, APNI meminta pemerintah untuk memperhatikan tata niaga perdagangan nikel domestic. Hal tersebut diharapkan bisa dituangkan dalam aturan untuk harga bijih nikel yang sesuai market price (HPM/LME).

Baca Juga: Tahun Depan, Pemerintah Hentikan Ekspor Nikel

Kemudian, smelter nikel domestik wajib menyerap kadar bijih nikel di bawah 1.7%. Smelter nikel domestik wajib menyerap minimal 30% kapasitas input bijih nikel dari IUP sekitar.

Menindak tegas perusahaan pemegang IUP & perusahan pemilik smelter yang menggunakan jasa perusahaan Surveyir yang tidak terdaftar resmi sesuai Permen ESDM Nomor 26 Tahun 2018.

“Menindak tegas kepemilikan saham asing untuk Pertambangan yang melebihi batas 49% sesuai Peraturan BKPM No. 6 Tahun 2018,: ujarnya.

Untuk hal hal tersebut, APNI meminta kepada pemerintah untuk konsisten dalam pelaksanaan kegiatan ekspor bijih nikel sampai dengan tanggal 12 Januari 2017 sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2017.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini