Share

Ekspor Nikel Dilarang, Menko Luhut: Ini Bagus

Taufik Fajar, Okezone · Senin 02 September 2019 19:54 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 02 320 2099814 ekspor-nikel-dilarang-menko-luhut-ini-bagus-6eNP7nRZgy.jpg Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melarang penuh ekspor bijih nikel terhitung mulai 1 Januari 2020.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, pelarangan ekspor itu akan menguntungkan Indonesia di masa mendatang.

Baca Juga: Nikel Dilarang Ekspor, Pengusaha Kirim Surat ke Jokowi

"Jadi, ini bagus, di mana nilai tambah untuk ekspor nanti bagus. Ekspor kita akan meningkat drastis dengan mengolah nikel di dalam negeri. Dan kita akan punya supply chain," ujar Luhut di Gedung Bank Indonesia (BI), Senin (2/9/2019).

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan

Dia mengakui, penghentian ekspor nikel akan berdampak sebesar USD600 juta. Namun, akan berimbas besar dan menyentuh angka USD6 miliar pada tahun 2024.

Baca Juga: Smelter Nikel Senilai USD1 Miliar Beroperasi di Konawe

“Pelarangan eskpor ini akan meningkatkan investasi mencapai USD35 miliar. Ini bakal membiasakan ekspor dengan nilai tambah, bukan sekedar ekspor mentah," ungkap dia.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Sebelumnya, Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Gatot mengatakan keputusan tentang larangan ekspor nikel tersebut akan tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM, namun sekarang masih diproses di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sehingga nomor Permen belum tercantum.

Sebanyak 11 smelter besar terbangun dan 25 smelter masih dalam tahap pembangunan, sehingga Indonesia akan memiliki total sebanyak 36 smelter.

Asumsi kedua, larangan ekspor nikel tersebut bertujuan untuk melihat cadangan mineral nikel ke depan. Saat ini cadangan nikel dinilai hanya bertahan untuk 8 tahun ke depan untuk cadangan terbukti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini