nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Potret Duka Wafatnya Mr Crack, dari Sri Mulyani hingga Menko Luhut

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 07:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 13 320 2104598 6-potret-duka-wafatnya-mr-crack-dari-sri-mulyani-hingga-menko-luhut-JSfAnAn8H9.jpg Almarhum BJ Habibie (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Ketiga Republik Indonesia Bacharudin Jusuf Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019) di RSPAD Gatot Subroto. Pria yang juga dikenal dengan panggilan Mr Crack ini menutup usia di 83 tahun.

Berpulangnya Habibie memberikan duka pada seluruh bangsa Indonesia. Pasalnya, semasa hidup Habibie telah menorehkan banyak prestasi dan membanggakan Indonesia.

Dia berhasil menciptakan beberapa pesawat terbang, di antaranya Pesawat N250 pada tahun 1995. Kini tengah dikembangkan Pesawat R80 yang ditargetkan mengudara di tahun 2022.

Pengetahuannya yang luar biasa tentang teknologi membuat Habibie juga dipanggil Bapak Teknologi Indonesia.

Jenazah Almarhum BJ Habibie Diberangkatkan ke TMP Kalibata

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menyampaikan rasa duka mendalam, yang bahkan memberikan arahan untuk seluruh Indonesia mengibarkan Bendera Merah Putih setengah tiang hingga 14 September 2019.

"Perkenankan saya atas nama seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah menyampaikan duka yang mendalam, menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas berpulangnya ke Rahmatullah Bapak Profesor BJ Habibie tadi jam 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto," jelas Jokowi dalam konferensi pers di RSPAD, Rabu (11/9/2019)

Tak hanya Jokowi, sejumlah Menteri Ekonomi di Kabinet Kerja Jokowi juga turut menyampaikan rasa duka dan kenangan mereka terhadap Habibie. Berikut ungkapan belasungkawa yang dirangkum Okezone.

1. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani menyampaikan rasa duka dan mengaku betul-betul kehilangan seorang figur nasional yang begitu luar biasa jasanya bagi Republik Indonesia.

"Saya mengenal Pak Habibie sangat lama ya. Di dalam masa-masa kritis perubahan Republik Indonesia menujukkan sistem demokrasi yang terbuka terdesentralisasi," ujar dia saat bertakziah ke Rumah Duka Habibie di Patra Kunungan, Rabu (11/9/2019).

Dia menjelaskan, BJ Habibie meletakkan banyak sekali kebijakan pada masa-masa kepemimpinannya yang sangat singkat. Namun, kebijakan itu sangat menentukan arah Indonesia, dengan berbagai legislasi yang dibuatnya menjadi pondasi semua pihak dalam bernegara sampai hari ini.

Baca Juga: Begini Bentuk Pesawat R80 Impian BJ Habibie

Menurut Sri Mulyani, Habibie juga dikenal sebagai figur yang peduli dan cinta sekali terhadap Indonesia. Pasalnya, Habibie berani meninggalkan karier dan pencapaian luar biasa sebagai seorang ilmuan dan eksekutif di sebuah perusahaan di Jerman, dan kembali ke Indonesia mengabdikan hidupnya dan membangun industri penerbangan di Tanah Air.

"Jadi contoh dan sekaligus teladan yang menjadi alasan bagi kita untuk optimistis bahwa Indonesia dengan banyak sekali anak bangsa seperti beliau pasti akan bisa maju ke depan. Kita kehilangan. Kehilangan sekali," ungkap Sri Mulyani.

2. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Susi turut menyampaikan belasungkawa atas kepergian Habibie. Dia bahkan mengucapkan terima kasih untuk almarhum karena telah memberikan semangat untuk terus maju.

Menurut Susi, dirinya akan terus mengingat pesan Habibie kepada dirinya, yakni stand, still, and continue.

"Inalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun. Duka yang sangat mendalam untuk kami; Selamat jalan Bapak Prof. BJ. Habibie. Semoga khusnul khotimah. Terima kasih telah memberi semangat untuk terus maju. Stand, still, and continue, kata-kata beliau yang akan terus saya ingat," ujar Menteri Susi, seperti dikutip dari Twitter @Susipudjiastuti, Selasa (12/9/2019).

3. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Budi Karya Sumadi menyatakan, kepergian Habibie adalah kesedihan Indonesia, sebab telah kehilangan putra terbaik bangsa. Dia juga menilai, Habibie merupakan orang pandai, rendah hati, dan kemasyarakatan.

“BJ Habibie adalah satu figur yang luar biasa dan patut menjadi contoh bagi semua orang,” ujar dia ditemui di rumah duka, Kamis (12/9/2019).

Menurutnya. Habibie memberikan banyak sumbangsih bagi perkembangan transportasi di Tanah Air. Sehingga peninggalannya akan selalu di kenang Indonesia.

"Diantaranya PT Dirgantara Indonesia (PT DI), PT Industri Kereta Api (Inka), PT Len Industri (PT Len), PT Pindad. Kita kenang segala karya beliau sebagai suatu inspirasi untuk Indonesia lebih hebat,” ujarnya.

Jenazah Almarhum BJ Habibie Diberangkatkan ke TMP Kalibata

4. Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil

Sofyan menyatakan, Habibie merupakan sosok penting dalam memberikan pondasi kuat pada masa reformasi. Sehingga, Indonesia yang mengalami krisis moneter (krismon) pada saat itu bisa segera bangkit.

“Pak Habibie ini kan bapak yang memberikan pondasi yang sangat kuat, reformasi. Saya tidak bayangkan bahwa reformasi akan berjalan begitu smooth kalau presidennya bukan Pak Habibie waktu itu,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Baca Juga: Petugas TMP Kalibata Ungkap Habibie Kerap Ziarah ke Makam Ainun Setiap Jumat

Menurutnya, ketika itu sosok Habibie mengubah sistem pada pemerintahan sebelumnya yang terlalu sentralistik. Pasalnya, sistem pemerintahan sebelumnya cukup mengundang banyak kemarahan dari masyarakat Indonesia karena seperti dikekang.

“Pak Habibie sebagai ilmuan percaya tentang teori bahwa foss energy itu harus disalurkan. Pada waktu kemarahan orang kepada sistem yang begitu kuat terhadap sistem sebelumnya, Pak Habibie kemudian membuka seperti air bah, itu waduknya dibuka supaya kekuatan air bah itu tidak menerjang waduk dan merusak semuanya,” jelas dia.

Pada saat Habibie menjabat sebagai Presiden Indonesia Ketiga, tanpa ragu Mr Crack itu membuka informasi dan kritik kepada pemerintah seluas-luasnya. Termasuk juga informasi lewat media yang mana pada pemerintahan sebelumnya begitu dibatasi.

Tak hanya itu, Habibie membuka kasus-kasus Hak Asasi Manusia (HAM). Sebelumnya banyak sekali kasus HAM yang tidak diproses secara hukum dan tidak dibuka kepada publik.

5. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan

Luhut menyebut sosok B.J. Habibie sebagai teladan. Pasalnya, sosok Presiden Ketiga Indonesia ini terkenal berani dan tak takut untuk kehilangan jabatan.

Salah satu contohnya ketika Laporan Pertanggung Jawabannya sebagai presiden ditolak oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada 1999 lalu. Ketika itu, Habibie memutuskan mundur dari pencalonan sebagai presiden pada 1999.

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata

Tak hanya itu, setelah tak lagi menjabat sebagai Presiden, Habibie juga masih berkontribusi terhadap negara. Beberapa ide dan masukannya banyak dipakai oleh pemerintah bahkan hingga saat ini.

Luhut juga menilai, sosok Habibie lebih sering membagikan nasihat dibandingkan mencampuri urusan orang lain setelah dirinya pensiun. Hal inilah yang menurut Luhut bisa dijadikan contoh dan suri tauladan bagi siapapun.

“Saya kira teladan ini patut dicontoh. Beliau berani mengatakan 'saya tidak terus, saya berhenti'," ujarnya saat ditemui di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (12/9/2019)

6. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

Enggar mengenang sosok Habibie sebagai politikus yang sangat demokratis. Kata dia, reformasi kebijakan menuju arah demokrasi terjadi pada era kepemimpinan Habibie.

“Reformasi kebijakan dalam hal demokrasi yang terjadi pada eranya,” ujar Enggar saat ditemui di Gedung DPR-RI, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Dia bercerita, Habibie adalah sosok yang demokratis ketika menjabat sebagai Presiden Ketiga Indonesia. Saat itu Habibie juga menjabat sebagai Dewan Pembina Partai Golkar, sedangkan Enggar menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum Partai Golkar.

Baca Juga: Rahasia BJ Habibie Kuatkan Rupiah, dari Rp15.000 Jadi Rp6.500/USD

Menurut Enggar, biasanya Presiden dan Dewan Pembina hanya menyalami ketua umum partai saja. Namun, ketika Habibie menjabat sebagai Presiden dan Dewan Pembinan Partai Golkar, dirinya justru menyalami seluruh anggota.

“Saya waktu itu jauh, artinya saya wakil bendahara umum, beliau dewan pembina bersama Bang Akbar sebagai pemimpin umum, saya. Saya pikir salaman cipika cipiki pemimpin saja, tetapi semua,“ jelasnya.

Dia juga menilai sosok Habibie juga bisa sebagai pemersatu bangsa. Pasalnya, dalam beberapa tahun ini lewat pemikirannya, Habibie berhasil mempersatukan kembali bangsa Indonesia yang sempat ribut urusan politik.

“Akhir-akhir ini (dihari tuanya) masih memberikan wishdom (pemikiran) mengenai persatuan kita,” ucapnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini