nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebelum Putuskan Pakai Kartu Kredit, Perhatikan 5 Hal Ini

Delia Citra, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 16:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 19 320 2106803 sebelum-putuskan-pakai-kartu-kredit-perhatikan-5-hal-ini-eA2bA51cFt.jpg Kartu Kredit (Shutterstock)

JAKARTA - Jika kamu menggunakan kartu debit daripada kartu kredit untuk semua yang kamu beli, kamu mungkin bisa kehilangan tawaran yang menarik. Tetapi paling tidak, kamu bisa menempatkan diri kamu pada risiko yang lebih besar dalam hal penipuan.

Jika kamu berfokus pada hadiah dan fasilitas mungkin kartu kredit menjadi pilihanmu. Dilansir dari Business Insider, Kamis (19/9/2019), inilah 5 alasan mengapa kamu menggunakan kartu kredit sebagai pengganti kartu debitmu.

 Baca juga: 7 Ciri si Pintar Mengelola Uang, Kamu Nomor Berapa?

1. Kamu bebas utang

Kartu kredit memang pilihan yang baik, tetapi halangannya hingga saat ini adalah tingkat bunga yang tinggi. Hal ini membuat kamu berpikir ulang untuk memilikinya.

 Kartu Kredit

Oleh sebab itu, dengan tarif tinggi tersebut maka kamu harus mempunyai kedisiplinan yang tinggi. Di mana, untuk orang-orang yang bebas utang harus mendebit saldonya secara langsung.

Jika kamu pernah kesulitan di masa lalu atau tahu bahwa kredit membuat kamu mengeluarkan uang lebih banyak, kamu mungkin ingin tetap menggunakan kartu debitmu.

 Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Keuangan Tetap Stabil

2. Kamu suka berpergian sepanjang waktu

Jika kamu suka berpergian sepanjang waktu dan tidak memiliki kartu kredit, kamu pasti kehilangan manfaat penting. Kartu kredit memiliki perjalanan top dilengkapi dengan tunjangan perjalanan seperti asuransi pembatalan/interupsi perjalanan, pertanggungan keterlambatan bagasi, cakupan sewa mobil utama, dan asuransi kecelakaan perjalanan. Percaya atau tidak, kamu mendapatkan manfaat ini dan lainnya secara gratis sebagai pemegang kartu.

Keuntungan ini memang mengharuskan kamu membayar biaya tahunan kartu kredit, tetapi mereka bisa membayar besar jika kamu bepergian sepanjang waktu. Dengan kartu kredit perjalanan yang tepat, kamu bisa mendapatkan imbalan perjalanan baik untuk penerbangan, hotel, persewaan mobil, dan lainnya.

 Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Keuangan Tetap Stabil

3. Kamu khawatir tentang penipuan kartu kredit

Manfaat besar lainnya dari kartu kredit adalah kenyataan bahwa mereka hampir semuanya datang dengan kewajiban penipuan 0%. Ini berarti, jika seseorang melakukan pembelian curang dengan kartu kredit atau nomor kartu kamu, kamu tidak akan terlibat.

4. Kamu berharap memiliki lebih banyak perlindungan konsumen

Beberapa kartu kredit menawarkan lebih banyak perlindungan konsumen selain keamanan yang lebih baik dari penipuan. Misalnya, Chase Freedom menawarkan perlindungan pembelian dan perpanjangan garansi sebagai fasilitas pemegang kartu.

Manfaat ini adalah milik kamu secara gratis asalkan kamu menggunakan kartu kredit kamu untuk melakukan pembelian yang ingin kamu lindungi.

5. Kamu suka mendapatkan barang gratis

Beberapa kartu kredit memungkinkan kamu mendapatkan uang kembali yang dapat kamu gunakan sesuka kamu. Kartu kredit fleksibel terbaik bahkan memungkinkan kamu menembus pion untuk beberapa opsi termasuk cashback, hadiah perjalanan, kartu kredit, dan banyak lagi.

Sementara berbagai kartu hadiah menawarkan jumlah poin yang berbeda untuk setiap pembelian, kamu biasanya mendapatkan 1 hingga 3 poin per USD yang dihabiskan atau 1% hingga 3% kembali. Beberapa kartu dengan program hadiah terbaik dapat membebankan biaya tahunan, tetapi ada banyak kartu hadiah yang tidak membebankan biaya tahunan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini