nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nekat Utak-atik Meteran Listrik, Begini Dampaknya

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 06:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 19 320 2106866 nekat-utak-atik-meteran-listrik-begini-dampaknya-deRI2zsqoX.png Meteran Listrik (Foto: Okezone.com/Instagram PLN)

JAKARTA - Korsleting listrik tidak hanya disebabkan penumpukan dan penyambungan kabel secara tidak teratur saja.

Mengutak-atik MCB dan kWh meter ternyata bisa menyebabkan korsleting listrik yang dapat menimbulkan kebakaran.

 Baca Juga: Waspada Rumah Kebakaran, Coba Baca 9 Tips Aman dari Korsleting Listrik

MCB dan kWh meter merupakan kewenangan PLN sebagai alat ukur sekaligus pengaman untuk masyarakat dan jika pihak PLN mengetahui bahwa ada yang merubah MCB dan kWh meteran selain petugas PLN, PLN bisa bertindak untuk memutus aliran listrik di rumah kalian.

"Mimin suka sedih kalau denger ada yang suka utak-atik MCB atau kWh meternya sendiri. Padahal itu bahaya banget lho. Jadi #Electrizen ga boleh marah jika sewaktu-waktu setelah kWh meter diutak-atik oleh pihak selain PLN, PLN bisa memutus aliran listrik di rumah #Electrizen," di kutip dalam keterangan Instagram @pln_disjaya, Jumat (20/9/2019).

 Baca Juga: Ini Cara Listrik Masuk ke Rumah Kamu, Ternyata Perjalanannya Panjang Loh!

Sebagai informasi, Jika kWh meter sudah diutak-atik dengan sengaja, fungsi pengamanannya akan hilang dan akan berbahaya bagi masyarakat. Maka dari itu, jika kWh meter di rumah mengalami masalah segera hubungi Contact Center PLN di 123 dan petugas PLN akan langsung mendatangi rumah kalian.

Asal tahu saja, korsleting listrik atau hubungan pendek merupakan suatu hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil yang mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar.

Meteran Listrik

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini