nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakai Alat Canggih Ini Truk Overload Tak Bisa Masuk Tol

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Minggu 22 September 2019 18:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 22 320 2107936 pakai-alat-canggih-ini-truk-overload-tak-bisa-masuk-tol-5hpXGSLa9v.jpg Truk Kelebihan Muatan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Permasalahan truk overload atau over dimensi saat melintas di jalan tol masih belum sekesai. Pasalnya, masih banyak kecelakaan akibat truk yang memiliki kelebihan muatan.

Baca Juga: Kena Kabut Asap, Kecepatan Kapal Laut Menurun

"Sebetulnya di akhir 2017 Pak Menteri sudah memerintahkan saya untuk menyelesaikan masalah overloading atau over dimensi. Tapi saat proses berlangsung, tiba-tiba para perusahaan logistik mendatangi Pak Menteri untuk minta toleransi waktu. Dan itu dimulai tahun 2017," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, di Jalan Layang Jakarta-Cikampek, Minggu (22/9/2019).

Tol Jakarta-Cikampek

Setelah itu, lanjut Budi, Menhub memberi waktu 1 tahun bagi para operator logistik untuk menyelesaikannya. Sayangnya, progres kelebihan muatan di luar ekspektasi.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun Libatkan Truk dan 2 Mobil Pribadi Terjadi di Tol Tangerang

"Akhirnya dikasih waktu 1 tahun untuk mempersiapkan kendaraan dan skema bisnis. Artinya, sesuai dengan kesepakatan, para pelaku kendaraan operator logistik yang masih punya kendaraan over dimensi, sudah harus complete. Ternyata progresnya tidak sesuai yang kita harapkan," keluh Budi.

"Dan kemudian yang jelas kalau masih ada operator yang punya kendaraan over dimensi dan belum dinormalisasi sesuai harapan kita, kalau sewaktu-waktu terlibat kecelakaan, akan dikenakan hukum," tambahnya dengan tegas.

Nantinya, akan ada 14 alat untuk mendeteksi muatan truk. Budi harap, tahun 2020 nanti dengan hadirnya alat ini bisa membuat jalan tol bebas dari kendaraan over load.

"Nanti akan ada 14 alat untuk mendeteksi muatan truk di pintu masuk tol. Metodenya akan kita lakukan segera, dimulai dari pembuatan SOP. Mudah-mudahan 2020 akan ada 6-7 pintu masuk jalan tol yang akan dipasang itu. Kami harap 2020 sudah bebas truk yang overdimensi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini