nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Ibu Kota Baru, Ternyata Produksi Cabai Rawit di Penajam Paser Berlimpah

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Senin 23 September 2019 17:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 23 320 2108297 jadi-ibu-kota-baru-ternyata-produksi-cabai-rawit-di-penajam-paser-berlimpah-HoUXSxlAmv.jpg Cabai. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemindahan ibu kota dari Jakarta menuju Kalimantan Timur (Kaltim) digadang-gadang akan memberikan dampak positif bagi perekonomian. Apalagi di Kaltim punya banyak potensi pertaian yang bisa dikembangkan.

Baca Juga: Jokowi Siapkan Anggaran Ibu Kota Pindah Rp2 Triliun pada 2020

Sebagai calon ibu kota baru, sebagian wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara ternyata memiliki potensi pertanian yang luar biasa. Salah satunya, produktivitas komoditas cabai yang berlimpah.

Penajam Paser Utara

"SobaTani, sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara akan menjadi Ibu Kota negara yang baru. Nah, wilayah ternyata memiliki potensi pertanian yang luar biasa, lho. Seperti produktivitas komoditas cabai yang berlimpah. Terimakasih PetaniKita," dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Pertanian, Senin (23/9/2019).

Baca Juga: Menteri ATR: Tak Perlu Negosiasi untuk Ambil Lahan Konsesi Sukanto Tanoto

Penajam Paser Utara merupakan penghasil cabai rawit di Kalimantan Timur. Dengan produksi petani mencapai 10.000 ton per bulan, dia mampu memenuhi kebutuhan cabai hingga 2-3 ton per bulan. Produksi yang melimpah ini dipasok untuk Kota Balikpapan dan kota-kota lain di Kalimantan Timur.

"Melimpahnya produksi aneka cabai merupakan keberhasilan dari program pemerintahan dalam pengembangan kawasan aneka cabai dan pengawalan manajemen pola tanam," ujar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dikutip dari Instagram Kementan.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini