nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

LPS Pastikan Aksi Mahasiswa Tak Ganggu Investasi di Perbankan

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 13:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 24 320 2108642 lps-pastikan-aksi-mahasiswa-tak-ganggu-investasi-di-perbankan-qPVtZSsySx.jpg Perbankan (Reuters)

JAKARTA - Mahasiswa dari berbagai lintas universitas mulai berdatangan ke Gedung DPR/MPR RI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, hari ini. Para mahasiswa itu protes dan mempertanyakan kenapa Presiden Joko Widodo dan DPR sepakat menyetujui Revisi Undang-undang KPK.

Terkait hal itu, Anggota Dewan Komisioner LPS Fauzi Ichsan mengatakan, instabilitas sejauh ini belum mengganggu investasi. Khususnya di sektor simpanan perbankan. Pasalnya, pergerakan simpanan di perbankan lebih banyak dipengaruhi oleh faktor ekonomi, bukan kerusuhan.

 Baca juga: Soal Investasi, Hati-Hati RI Rentan Pembalikan Dana Asing

"Apabila kita bicara simpanan sangat bergantung dengan Suku Bunga (subung), pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan aliran modal dari luar negeri ke dalam negeri," kata dia di kantornya, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

 Perbankan

Menurut dia, pada masa lalu, Indonesia memang pernah mengalami kerusuhan yakni di tahun 1998-an. Di mana itu protes besar-besaran rakyat kepada penguasa menyebabkan ekonomi Indonesia ikut lumpuh.

 Baca juga: BI: Biaya Transfer Uang Turun dari Rp5.000 Jadi Rp3.500

"Kerusuhan 1998 juga imbas dari krisis moneter yang terjadi, karena gerah dengan kepemimpinan Soeharto yang sudah berlangsung lama selama 32 tahun," kata dia.

Maka itu, lanjut dia, apabila dibandingkan dengan kondisi saat ini, dinamika politik yang terjadi belakangan ini masih dalam hal wajar atau biasa.

"Jadi kegiatan ini masih jauh dibanding kerusuhan 1998. Dan dinamika politik biasa, bukan di Indonesia saja. Yang penting enggak ada kerusuhan seperti 1998," ungkap dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini