nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Syarat Tol Jagorawi Bisa Gratis

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Rabu 25 September 2019 07:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 24 320 2108761 syarat-tol-jagorawi-bisa-gratis-lXBYS4kT8g.jpg Jalan Tol. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Setelah munculnya wacana kenaikan ruas Tol Jagorawi oleh PT Jasa Marga (Persero), masyarakat memberi berbagai macam tanggapan. Di antaranya, permintaan kepada Presiden Joko Widodo agar jalan tol ini digratiskan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, untuk mengartikan jalan tol, pemerintah harus melakukan pemutusan konsesi terlebih dahulu kepada PT Jasa Marga (Persero) selaku pemegang hak kelola. Pemerintah perlu membayarkan sejumlah uang kepada Jasa Marga untuk mengganti sisa waktu pengelolaannya dalam rangka melakukan pemutusan konsesi.

Untuk ruas tol Jagorawi sendiri, konsesi akan diberikan kepada Jasa Marga akan berakhir pada tahun 2024. Setelah pemutusan konsesi dilakukan maka jalan tol itu akan secara automatis berpindah kepemilikan dan hak operasi kepada pemerintah. Setelah itu pemerintah berhak memutuskan mengenai tarifnya apakah akan digratiskan atau tetap berbayar.

Selain itu, pemerintah bisa menunggu hingga hak konsesi pengelolaan jalan tol Jagorawi itu habis. Setelah habis pemerintah berhak untuk tidak memperpanjang konsesinya dan dikelola langsung oleh pemerintah termasuk juga bisa menggratiskan tarifnya. Saat masa konsesi habis nanti pada 2044, pemerintah belum tentu juga untuk menarik kembali jalan tol tersebut. Karena bisa saja pemerintah melelangkan kembali kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Hal ini untuk membantu para operator jalan tol ini untuk membangun kembali jalan tol lainya yang secara finansial kurang layak. Hal tersebut tertuang dalam revisi Peraturan Pemerintah No. 15/2005 tentang Jalan Tol untuk mempercepat pembangunan sejumlah ruas jalan tol yang direncanakan.

Baca Selengkapnya: Kapan Tol Jagorawi Bisa Gratis? Ini Syarat dari Kepala BPJT

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini