nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Tani, Ada Peluang Besar Sektor Pertanian di Balik Perang Dagang

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 17:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 24 320 2108782 hari-tani-ada-peluang-besar-sektor-pertanian-di-balik-perang-dagang-kOcSwrBPCN.png Hari Tani Nasional, Ada Peluang di Balik Perang Dagang (Foto: Instagram Kementan)

JAKARTA - Kementerian Pertanian menyambut Hari Tani Nasional dengan menyatakan bahwa ada peluang besar di sektor pertanian di balik perang dagang yang terjadi di pasar global.

"Halo SobaTani, perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok, merupakan peluang lho bagi sektor pertanian. Yuk, bersama bawa hasil PetaniKita untuk mendunia," demikian dikutip dalam akun Instagram @kementerianpertanian, Selasa (24/9/2019).

 Baca Juga: Hari Tani Nasional, Begini Cara Petani Kembangkan Durian

Asal tahu saja, selain jadi tantangan, di balik Kondisi ekonomi global yang tak menentu akibat perang dagang atau trade war antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok justru ada peluang bagi sektor pertanian dalam negeri, Terutama dalam upaya peningkatan ekspor, khususnya bagi produk Sarang Burung Walet dan Produk turunannya.

Sebagai informasi, 78% kebutuhan sarang burung walet nyatanya dipasok dari Bumi Pertiwi. Hal ini tak terlepas karena Indonesia merupakan habitat yang nyaman bagi burung walet.

 Baca Juga: Hari Tani Nasional, Kacang Hijau Indonesia Melenggang ke Filipina hingga China

Ekspor sarang burung walet Indonesia pada tahun 2018 tercatat mencapai Rp40 triliun. Lalu RI juga ekspor sarang burung walet. Pada tahun 2018 tercatat mencapai Rp40 triliun. Selain menjadi habitat utama, Indonesia juga merupakan tempat yang cocok dengan perkembangbiakan walet, sehingga sarang walet dapat sangat banyak diproduksi dan membawa Indonesia menjadi eksportir sarang burung walet nomor satu di dunia.

Perang Dagang AS-China

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini