nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Tani Nasional, Begini Cara Petani Kembangkan Durian

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Selasa 24 September 2019 17:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 24 320 2108759 hari-tani-nasional-begini-cara-petani-kembangkan-durian-PyxjHO9uyX.png Hari Tani Nasional, Ini Cara Petani Kembangkan Durian (Foto: Instagram Kementan)

JAKARTA - Siapa yang tak kenal durian? Buah yang memiliki ciri khas duri dan aromanya membuat buah yang satu ini digemari masyarakat dari berbagai kalangan.

Tingginya permintaan durian baik dalam maupun luar negeri, membuat Lombok Barat yang memiliki potensi durian lebih dari 200 hektare terus melakukan pengembangan.

 Baca Juga: Hari Tani Nasional, Kacang Hijau Indonesia Melenggang ke Filipina hingga China

Tak terkecuali para petani durian yang hingga hari ini, bertepatan dengan Hari Tani Nasional, kian melebarkan sayapnya.

Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Pertanian, petani durian di Lombok Barat menegaskan kesiapannya untuk berkembang secara kelembagaan. Hal ini dalam rangka mewujudkan petani durian menjadi sebuah kawasan korporasi.

 Baca Juga: Program Santri Tani Milenial Untuk Cetak Eksportir Milenial

Pola tersebut diharapkan dapat berkembang menjadi suatu badan usaha berskala ekonomi yang mandiri. Selain itu, juga berdaya saing dan memiliki kemudahan akses.

"Yuk PetaniMilenial, sudah saatnya Indonesia membangun pertanian berskala ekonomi dari hulu sampai hilir," tulis Kementan dalam akun Instagram-nya, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Sebagai informasi, Kabupaten lombok Barat memiliki potensi lebih dari 200 hektare. Potensi ini tersebar mulai dari Batulayar, Gunungsari, Lingsar, Labuhapi sampai Narmada. varietas yang dimiliki pun terdiri dari monthong, si payuk, si gundul, dan tongmedaye.

Durian

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini