nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Agar Dagangan Viral di Media Sosial

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 18:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 26 320 2109727 tips-agar-dagangan-viral-di-media-sosial-Q1q5lPIrnE.jpg Viral di Media Sosial. (Foto: Okezone.com/News Sky)

JAKARTA - Beberapa admin Twitter brand terkenal memberi tips atau cara menjadikan sesuatu hal viral. Siapa tahu tips ini bisa memviralkan barang daganganmu.

Dalam fenomena ini, admin Twitter brand besar mulai me-reply tweet-tweet netizen hingga orang-orang terkenal. Bahkan, seringkali tweet balasan seperti itu yang mendapat banyak retweet serta like.

Baca Juga: 5 Kunci Sukses Jualan via Sosmed, dari Gratisan hingga Berbayar

"Emang ada beberapa topik yang kita pilih untuk bikin ramai. Tapi tetep saja topiknya harus ada dasarnya. Saya hanya mencoba jawab yang bisa dipahami pembaca. Biasanya saya ajak diskusi beberapa kawan psikolog untuk pemilihan katanya. Kalau kita bikin tweetnya tulisannya text book banget, enggak bakal banyak yang mengerti. Terutama di bidang kedokteran seperti saya," ujar Psikiater Jiemi Ardian, di TCC Batavia Tower One, Kamis (26/9/2019).

Twitter

Asal tahu saja, Jiemi sering membagi pengalaman di dunia kesehatan mental melalui akunnya @jiemiardian. Berbanding terbalik dengan Jiemi yang terjun di dunia kedokteran, pegiat sejarah Hendri F Isnaeni memberi tips lain, terutama untuk orang-orang yang akan membuat konten sejarah.

Baca Juga: 3 Tips Jadikan Startup Anda Bernilai Miliaran Dolar AS

"Pokoknya kita buat konten yang kita minati, kuasai, dan harus konsisten. Kalau saya liat akun yang followers-nya banyak, biasanya mereka konsisten. Dan orang di Twitter juga mencari konten atau akun yang mereka minati. Itu penting kalau kita konsisten, orang yang milik minat sama seperti kita akan baca. Selain itu, cerita lucu juga penting karena orang-orang suka yang lucu. Atau bisa juga membuat 'utas' yang panjang dan serius, tapi di akhir kita kasih yang tweet lucu," jelas Hendri.

Sementara itu, admin dari akun Twitter Wikipedia Indonesia, Bonaventura mengungkapkan, konten yang dibuat harus nyeleneh agar menarik mindset orang banyak.

"Saya coba bikin persona yang lebih nyeleneh. Niar orang mikir 'oh ternyata Wikipedia orangnya juga merakyat'. Jari kita harus tahu apa yang sedang mereka bicarakan, yang mereka sukai," aku Bonaventura.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini