Fakta di Balik Aksi Demo yang Bikin Sri Mulyani Sedih

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Sabtu 28 September 2019 09:34 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 27 20 2110017 fakta-di-balik-aksi-demo-yang-bikin-sri-mulyani-sedih-3IiYdW77bY.jpg Kesedihan Sri Mulyani (Foto: Okezone.com/Dok Kemenkeu)

JAKARTA - Pasca-demonstrasi yang dilakukan para mahasiswa dan berujung rusuh merugikan fasilitas yang sudah dibangun dari uang rakyat. Pasalnya, tercatat ada beberapa bangunan yang rusak bahkan hangus terbakar.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan kesedihannya akibat hal tersebut. DIa mengatakan bahwa dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sering kali dirusak hingga dibakar dengan mudahnya.

 Baca Juga: Sri Mulyani Sedih saat Bangunan Hasil Uang Rakyat Dirusak

Maka dari itu, Sri Mulyani berharap kondisi saat ini perlu segera diredam karena aksi demo yang dilakukan oleh para mahasiswa itu dikhawatirkan akan mendapat sentimen negatif dari para pelaku usaha maupun investor.

Okezone merangkum fakta-fakta menarik soal demo mahasiswa ricuh dan kesedihan Sri Mulyani, Jakarta, Sabtu (28/9/2019):

1. Demo Mahasiswa Rusuh, Sri Mulyani Harap Stabilitas Politik Pulih

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta semua pihak menjaga stabilitas politik di dalam negeri, sehingga tidak berdampak negatif pada perekonomian. Sebab kondisi perekonomian nasional juga tengah terbebani dengan perlambatan ekonomi global.

Baca Juga: Aprindo Klaim Mal Tak Ada yang Tutup Imbas Demo Ricuh tapi...

Meski demikian, Sri Mulyani mengatakan, demo yang dilakukan oleh para mahasiswa di berbagai wilayah Indonesia, belum mendapatkan sentimen negatif dari para pelaku usaha maupun investor. Oleh sebab itu, kondisi saat ini perlu segera diredam

"Situasi sekarang ini mungkin perlu untuk kita semua menjaganya, untuk mengembalikan momentum dan stabilitas, sehingga kita juga lebih fokus kepada risiko yang berasal dari luar (global)," ujar dia di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta.

Dia menjelaskan, melambatnya perekonomian global semakin terasa memberatkan ekonomi nasional. Hal itu tercermin dari pendapatan negara yang hingga akhir Agustus 2019 mengalami perlambatan.

 Demo

2. Sri Mulyani Sedih

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan kesedihan ketika mendapatkan fasilitas yang dibangun dari uang rakyat, dalam hal ini dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sering kali dirusak hingga dibakar dengan mudahnya.

"Saya sangat sedih kalau melihat ada bangunan-bangunan yang sangat mudah dirusak atau dibakar karena ini dibangunnya dengan setiap rupiah yang kita kumpulkan dengan susah payah," ujar dia saat menyampaikan realisasi APBN 2019 di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta.

3. Dibangun Pakai Uang Rakyat

Pembangunan fasilitas yang dirusak dibangun dengan uang yang dikumpulkan dengan susah payah. Lantaran, untuk memenuhi kebutuhan pembangunan, APBN pada akhirnya mengalami defisit.

Sri Mulyani menjelaskan, sebagai gambaran, penerimaan negara berasal dari pajak, bea cukai, penerimaan negara bukan pajak (PNBP), bahkan hingga pembiayaan dengan penerbitan surat utang.

 Demo

4. Aprindo Klaim Mal Tak Ada yang Tutup Imbas Demo Ricuh tapi...

 

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyebut adanya dampak negatif pada pengusaha ritel imbas demo yang telah dilakukan oleh para mahasiswa di berbagai wilayah Indonesia.

"Demo itu bukan hal baru bagi kita. Demo kemarin memang ada dampak pada situasi regional di mana mereka berdagang area demo itu. Kami hati-hati tak mungkin kita tutup toko kecuali yang langsung bersentuhan. buktinya mal-mal kemarin tidak ada yang tutup," ujar Wakil Ketua Aprindo Tutum Rahanta di Gedung Direkorat Jenderal Pajak Jakarta.

Menurut dia, dampak negatif demo kemarin itu, yakni ada penurunan pendapatan. Seperti ada kemacetan bukan hanya ketakutan itu membuat orang enggan ke luar.

Tembok Sekitar Gedung DPR Dicoret Massa Aksi Demo

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini