nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Potret Kejayaan Becak Tahun 1953, Kini Tinggal Kenangan

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 15:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 27 320 2110119 potret-kejayaan-becak-tahun-1953-kini-tinggal-kenangan-wQIhUPcucN.png Becak pada Tahun 1953. (FotoL Okezone.com/Dok. Arsip Nasional)

JAKARTA - Becak merupakan moda transportasi roda tiga tanpa mesin yang kini mulai ditinggalkan masyarakat. Apalagi di era kekinian, masyarakat utamanya di perkotaan lebih senang menggunakan moda transportasi online seperti Gojek dan Grab.

Baca Juga: Pakai Alat Canggih Ini Truk Overload Tak Bisa Masuk Tol

Namun demikian, hadirnya becak yang telah melayani masyarakat di Indonesia tak bisa dilupakan. Oleh karena itu, Arsip Nasional kembali mengingatkan tentang moda transportasi tradisional ini.

Becak

#ArsipHariIni menampilkan Arsip foto alat transportasi tradisional Becak dengan penumpangnya di Kota Medan. 26 September 1953," tulis Arsip, Jumat (27/9/2019).

Baca Juga: Kena Kabut Asap, Kecepatan Kapal Laut Menurun

Mengutip berita Okezone sebelumnya, becak merupakan angkutan murah meriah itu bukanlah asli Indonesia, tapi juga tidak diketahui secara pasti kapan masuk ke Tanah Air.

Ada yang meyakini pada awal 1930, tapi banyak pula mengatakan sejak masa Perang Dunia II. Kemudian disebutkan becak didatangkan ke Batavia (Jakarta) dari Singapura dan Hong Kong.

Berdasarkan keterangan berbagai sumber yang dikutip Okezone, nama becak sendiri diketahui berasal dari kata Be Chia yang berarti 'kereta kuda'.

Terkenalnya penggunaan angkutan tak berpolusi ini juga tidak terlepas dari seorang warga negara Jepang bernama Seiko-san yang tinggal di Makassar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini