nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Ekspor Ikan ke Vietnam Senilai Rp911 Juta

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Sabtu 28 September 2019 21:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 28 320 2110508 indonesia-ekspor-ikan-ke-vietnam-senilai-rp911-juta-lQ4qoIO9VP.jpg Ilustrasi Ikan (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA - Indonesia mengekspor ikan senilai USD65.142 atau setara Rp911,9 juta (kurs Rp14.000 per USD) ke Vietnam. Ekspor ini dilakukan oleh Perum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) yang terbagi beberapa tahap.

Direktur Operasional Perum Perindo Farida Mokodompit menjelaskan, pada tahap pertama komoditas ikan yang dikirim adalah jenis goldband snapper (anggoli) dan grouper (kerapu) sebanyak 8000 kilogram (kg). Lalu pada tahan berikutnya diekspor sekitar 16 ton bahan baku yang sama dengan kontainer 40 feet.

“Kegiatan ekspor ikan ini untuk terus meningkatkan pasar ekspor. Ini juga untuk mendukung nelayan Indonesia dengan menjual hasil perikanan Indonesia ke berbagai negara," ujar Farida dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/9/2019).

Baca Juga: Indonesia Ekspor Perdana Ikan Patin ke Arab Saudi

Dia menjelaskan, ikan yang diekspor tersebut telah bersertifikat Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP). Artinya, ikan-ikan tersebut telah memenuhi standard keamanan pangan yang efektif.

Adapun kegiatan ekspor dilakukan dari Kantor Cabang Brondong Perum Perindo dan melalui jalur laut dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Estimasi tiba di Ho chi min Vietnam diperkirakan pada 10 Oktober 2019.

Sekedar diketahui, Perum Perindo merupakan BUMN bidang Perikanan yang telah beroperasi 29 tahun dengan fokus 3 lini usaha yakni kepelabuhan, budidaya, dan perdagangan. Pada tahun 2018 pendapatan perseroan mencapai Rp1 triliun yang sebagian besar ditopang dari perdagangan ikan hasil pembelian dari nelayan seluruh wilayah tanah air.

Baca Juga: Indonesia Eksportir Sarang Burung Walet Nomor Satu di Dunia

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini