nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PLN Pulihkan Pasokan Listrik Pascagempa di Ambon

Delia Citra, Jurnalis · Senin 30 September 2019 18:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 30 320 2111149 pln-pulihkan-pasokan-listrik-pascagempa-di-ambon-JxuQiqKdSE.jpg Listrik (Reuters)

JAKARTA - Gempa yang melanda Ambon pada Kamis 26 September 2019 dengan kekuatan magnitudo 6,5 pada kedalaman 40 km Timur Laut Ambon membuat sistem listrik menjadi terganggu. Pasalnya, pasokan kelistrikan akan terus diperbaiki pasca gempa tersebut.

"Kami terus berupaya untuk segera menormalkan kembali sistem kelistrikan yang terganggu akibat bencana gempa ini. Kami juga memohon dukungan dan doa dari masyarakat agar kami dapat segera menyelesaikan pekerjaan kami guna kembali menerangi daerah-daerah yang terdampak padam," ujar General Manager PLN UIW MMU Romantika Dwi Juni Putra mengutip akun instagram @kementerianBUMN, Jakarta, Senin (30/9/2019).

 Baca juga: Rasio Elektrifikasi Bisa 100% dengan Energi Terbarukan?

Akibat gempa tersebut, terdapat sejumlah infrastruktur kelistrikan mengalami kerusakan, 534 rumah mengalami rusak, dan kerusakan pada beberapa fasilitas lainnya. Untuk itu, PT PLN (Persero) secara bertahap terus berupaya memulihkan sistem kelistrikan pascagempa yang melanda Ambon dan sekitarnya.

 Kelistrikan

Melalui akun instagram resminya, Kementerian BUMN menginformasikan kepada masyarakat mengenai pemulihan pasokan listrik pascagempa di Ambon.

 Baca juga: Ini Cara Listrik Masuk ke Rumah Kamu, Ternyata Perjalanannya Panjang Loh!

"#SobatBUMN, pascagempa yang melanda kawasan Ambon dan sekitarnya, PT PLN secara bertahap terus berupaya memulihkan sistem kelistrikan yang terganggu di sana. Yuk, simak informasi lengkapnya dengan geser kiri postingan ini mengenai perkembangan pemulihan infrastruktur pasokan listrik di beberapa daerah terdampak gempa," ujar keterangan pada akun tersebut.

Sistem kelistrikan juga sempat terganggu karena 2 penyulang yang menyalurkan listrik mengalami gangguan hingga meyebabkan padam sebesar 16MW. Di Kairatu, Seram Bagian Barat per 12.30 WIT, sistem kelistrikan berhasil pulih 100%.

Di Ambon, daerah yang masih tahap pemulihan yaitu daerah Hirnala, Negeri Waai, Batu Dua Pantai, hingga Negeri Liang. Sedangkan di Haruku, per 15.30 WIT, daerah yang masih tahap pemulihan sebagian Desa Kailolo, Desa Kabauw, Desa Rohmoni, Desa Haruku dan Desa Oma.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini