nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Urbanisasi Rendah, Sri Mulyani Harapkan Peningkatan PDB dari Ibu Kota Baru

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 18:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 03 470 2112561 urbanisasi-rendah-sri-mulyani-harapkan-peningkatan-pdb-dari-ibu-kota-baru-RPkkdMNRW4.jpg Sri Mulyani (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - World Bank atau Bank Dunia mencatat laju urbanisasi di Indonesia masih rendah. Pasalnya, setiap perpindahan 1% penduduk ke perkotaan hanya akan menaikkan 1,4% Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita.

Terkait hal itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa dengan masih rendahnya urbanisasi di Indonesia maka pemerintah akan memperbaiki pengelolaan proses urbanisasi. Terutama untuk mengatasi isu kemacetan.

 Baca juga: Ibu Kota Baru Bakal Dilengkapi Kereta Bandara

"Sebab, urbanisasi membuat jumlah populasi di perkotaan semakin banyak sehingga berpotensi menyebabkan kepadatan," ujar dia di Hotel Pullman Jakarta, Kamis (3/10/2019).

 Sri Mulyani

Dia menuturkan, salah satu cara untuk tidak menyebabkan kepadatan itu dengan membangun wilayah perkotaan baru. Agar urbanisasi tersebar dan merata di seluruh wilayah Indonesia.

 Baca juga: 200.000 PNS Dipastikan Pindah ke Ibu Kota Baru

"Misalnya ibu kota baru Indonesia yang pembangunannya sudah direncanakan sebaik mungkin. Hal tersebut dapat meningkatkan PDB daerah tersebut," ungkap dia

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini