Garuda Indonesia Mulai Mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta

Kuntadi, Jurnalis · Jum'at 04 Oktober 2019 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 04 320 2113039 garuda-indonesia-mulai-mendarat-di-bandara-internasional-yogyakarta-BZ1bmoiB4n.JPG Pesawat Garuda Indonesia (Foto: Okezone.com)

KULONPROGO – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia, membuka rute penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) dengan rute Cengkareng-YIA dan kembali YIA-Cengkareng. Rute ini dilayani dengan pesawat berbadan lebar (wide body) Airbus 330-200.

“Hari ini Garuda mulai beroperasi, setelah sebelumnya Citilink, Lion Air, Batik dan AirAsia lebih dulu,” jelas pelaksana Tugas Sementara (PTS) Bandara YIA, yang juga GM Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, di Bandara YIA, Jumat (4/10/2019). Untuk sementara penerbangan dengan rute ini hanya dilayani pada hari Jumat dan Minggu.

Baca juga: Baru 4 Bulan Beroperasi, Bandara Internasional Yogyakarta Melayani 96 Ribu Penumpang

Seperti kedatangan pesawat sebelumnya, pesawat ini disambut dengan water salute ketika hendak parkir di apron. Sejumlah penumpang diantaranya musisi Bunga Citra Lestari, Yovie Widianto, Kahitna yang akan menghadiri konser musik Batik Music Festival di Candi Prambanan disambut dengan tarian dan karangan bunga.

“Total sekarang ada 30 flight, di YIA. Selain Garuda Citilink juga menambah enam flight tujuan Palembang, Kualanamu, dan Pontianak. Lion Air juga menambah dan ada 12 flight,”jelasnya.

bandara

Untuk mendukung aksesibilitas transportasi, PT Angkasa Pura sudah melakukan koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ndaops VI, Yogyakarta. Saat ini sudah ada 72 lintasan yang berhenti di Stasiun Wojo. Ke depan akan ditambah lagi menyesuaikan dengan penerbangan di bandara.

Sedangkan untuk mendukung transportasi darat juga ada penambahan untuk armada taksi. Jika selama ini hanya 20 taksi kini bertambah menjadi 40. Begitu juga dengan angkutan khusus juga mengakomodir masyarakat terdampak bekerjasama dengan TOKP (Transportasi Online Kulonprogo) dan KSU Putra Palih.

“Akses angkutan terus kita tambah untuk kenyamanan penumpang,” jelasnya.

Seperti diketahui, PT Angkasa Pura I (Persero) mulai mengoperasikan bandara kedua di Yogyakarta ini pada Mei 2019.

Baca juga: Pembangunan Bandara YIA Dinilai Sangat Cepat

Tercatat, pada Juli 2019, YIA melayani 27.585 penumpang, sementara Agustus 2019 tercatat ada 38.646 penumpang. Artinya terjadi peningkatan penumpang sebesar 40%.

Per September 2019, YIA memiliki 14 jadwal penerbangan setiap harinya dengan tujuan ke Jakarta (Cengkareng), Jakarta (Halim), Palangkaraya, Samarinda, Lombok, dan Makassar. Sebelumnya hanya empat maskapai, yaitu Citilink, Batik Air, Indonesia AirAsia, dan Lion Air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini