nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jembatan Membelah Lautan di Ibu Kota Baru Rampung 2020

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Minggu 06 Oktober 2019 03:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 05 470 2113305 jembatan-membelah-lautan-di-ibu-kota-baru-rampung-2020-kcpJSwnrpi.jpg Proyek Jembatan Pulau Balang II. (Foto: Okezone.com/Dok. Kementerian PUPR)

JAKARTA - Konektivitas Ibu Kota Negara (IKN) baru, di Kalimantan Timur (Kaltim) rencananya akan ditopang oleh keberadaan dua jembatan panjang yang membelah lautan. Salah satu jembatan yang kini tengah dalam tahap pembangunan adalah Jembatan Pulau Balang.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, Jembatan Pulau Balang II ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2020. Progres pembangunan jembatan yang berada di atas Teluk Balikpapan tersebut sudah mencapai 69,3% hingga September 2019.

Kehadiran Jembatan Pulau Balang II akan memperlancar konektivitas antara Samarinda, Balikpapan dengan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kabupaten Penajam Paser Utara. Selama ini kendaraan dari Balikpapan menuju Penajam dan selanjutnya ke Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan dan kota lainnya, harus memutar dengan jarak sekitar 100 km dengan waktu tempuh sekitar 5 jam.

Dengan adanya jembatan tersebut, nantinya jarak akan menjadi lebih pendek menjadi hanya sekitar 30 km dan perjalanan dapat disingkat hanya dalam waktu satu jam.

Hanya saja, konstruksi sempat terkendala karena pembebasan lahan yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah namun sudah bisa dibayarkan secara tuntas pada akhir 2018. Selain itu juga terdapat faktor teknis terkait pemasangan casing bore pile karena terdapat lapisan batu yang sangat keras, sehingga harus mengubah metode pemancangannya.

Baca Selengkapnya: Dukung Konektivitas Ibu Kota Baru, Jembatan Pulau Balang II Rampung 2020

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini