nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Singapura Geser Amerika Jadi Negara Paling Kompetitif di Dunia, Ini Daftarnya!

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 13:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 09 320 2114715 singapura-geser-amerika-jadi-negara-paling-kompetitif-di-dunia-ini-daftarnya-VH0jFhWeJv.jpg Singapura. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Singapura sukses menggeser Amerika Serikat (AS) sebagai negara paling kompetitif di dunia versi World Economic Forum (WEF). AS menduduki peringkat teratas negara kompetitif di tahun sebelumnya.

Dilansir dari situs resmi WEF, Rabu (9/10/2019), di peringkat 3, 4, dan 5, masing-masing diisi oleh Hong Kong, Belanda, dan Swiss. Menariknya, Hong Kong naik empat peringkat dari tahun 2018 meskipun sedang terjadi keresahan politik di negaranya.

Baca Juga: Daftar 10 Negara Terpintar di Dunia, Nasib Indonesia?

Sementara itu, Jepang turun satu peringkat sehingga harus duduk di peringkat 6 untuk tahun ini. Yang paling menyedihkan adalah Jerman, Negara Panzer ini harus turun empat peringkat yang menyebabkannya hanya bertengger di peringkat 7.

Bandara Changi

Kemudian, terjadi pertukaran posisi antara United Kingdom dengan Swedia di mana Swedia berhasil merebut posisi UK dari posisi 8. Sedangkan Denmark tidak bergerak di posisi 10 sejak tahun lalu.

Secara keseluruhan, Asia-Pasifik dinobatkan sebagai kawasan paling kompetitif di dunia, diikuti oleh Eropa dan Amerika Utara.

Baca Juga: 25 Negara Terkuat di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Skor rata-rata dari 100 di 141 negara adalah 61, dengan WEF mengklaim bahwa kesenjangan menjadi kekhawatiran terbesar sekarang dalam menghadapi perlambatan ekonomi global. Singapura yang menjadi juara mencetak total 84,8 poin, dengan peringkat kedua Amerika dianugerahi 83,7 poin.

Berikut daftar lengkap 10 negara paling kompetitif di dunia versi WEF:

1. Singapura

2. Amerika Serikat

3. Hong Kong

4. Belanda

5. Swiss

6. Jepang

7. Jerman

8. Swedia

9. Inggris

10. Denmark

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini