nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sederet Kelebihan Singapura, Negara Paling Kompetitif di Dunia

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 13:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 09 320 2114718 sederet-kelebihan-singapura-negara-paling-kompetitif-di-dunia-BBFDw3tLMl.jpg Singapura sebagai Negara Paling Kompetitif. (Foto: Okezone.com/CNBC)

JAKARTA - Singapura melampaui Amerika Serikat (AS) dalam menjadi negara paling kompetitif di dunia versi World Economic Forum (WEF). Dalam Global Competitiveness Report 2019, WEF mengukur 141 negara melalui 103 indikator utama, seperti inflasi, keterampilan digital hingga tarif perdagangan.

Indikator kunci dalam laporan ini disusun dalam 12 pilar, yang meliputi lembaga, stabilitas ekonomi makro dan kesehatan.

Baca Juga: Singapura Geser Amerika Jadi Negara Paling Kompetitif di Dunia, Ini Daftarnya!

Dikutip dari CNBC, Rabu (9/10/2019), Amerika Serikat yang memegang posisi teratas dalam peringkat 2018, turun ke posisi kedua tahun ini. Meski demikian, Amerika tetap menjadi negara kompetitif.

Singapura

Sebenarnya, Amerika menerima skor tertinggi di beberapa subkategori, termasuk kemudahan menemukan karyawan yang terampil dan ketersediaan modal ventura. AS juga mendapat peringkat lebih tinggi daripada negara lain di pilar dinamisme bisnis.

Baca Juga: Daftar 10 Negara Terpintar di Dunia, Nasib Indonesia?

Namun, negara ini memperoleh skor yang relatif rendah di beberapa kategori, dengan kenaikan tarif perdagangan, menurunnya usia harapan hidup. Lalu keterampilan digital yang rendah di antara penduduk Amerika yang berdampak pada peringkat keseluruhan AS.

WEF mencatat bahwa harapan hidup di AS sekarang lebih rendah daripada di China, dengan AS hanya memiliki harapan hidup tertinggi ke-39 di dunia di tengah krisis opioid yang sedang berlangsung.

Sementara Singapura dinobatkan memiliki perekonomian paling kompetitif di dunia, mendapat nilai tinggi untuk sektor publik, tenaga kerja, keragaman dan infrastrukturnya. Pada usia harapan hidup, Singapura berada di peringkat nomor satu, dengan anak-anak yang baru lahir diperkirakan akan hidup sampai usia 74 tahun.

Sebagai perbandingan, usia harapan hidup di AS mencapai 66 tahun, sedangkan di China 68 tahun.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini