Norwegia Jadi Negara Terbaik untuk Besarkan Anak

Irene, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 21 320 2172020 norwegia-jadi-negara-terbaik-untuk-besarkan-anak-wWIfOUFatv.jpg Anak (Daily Mail)

JAKARTA - Norwegia digadang menjadi negara yang menawarkan lingkungan terbaik untuk membesarkan anak. Pasalnya, negara Skandinavia itu dilengkapi berbagai sistem yang unggul untuk mengolah perkembangan anak-anak.

Mengutip CNBC, Jakarta, Jumat (21/2/2020), sementara itu, Korea Selatan menempati peringkat ke-2, Belanda di peringkat ke-3, Perancis di peringkat ke-4, dan Irlandia di peringkat ke-5. Di antara 180 negara yang tercantum dalam indeks perkembangan anak, Amerika Serikat berada di peringkat ke-39, sedangkan China berada di peringkat 43, dan Kuba di peringkat ke-46.

 Baca juga: Sederet Kelebihan Singapura, Negara Paling Kompetitif di Dunia

Menurut sebuah laporan yang dirilis The Lancet, negara-negara peringkat teratas tersebut memiliki berbagai kebijakan yang berkaitan dengan kesejahteraan anak-anak.

Sedangkan, Organisasi Kesehatan Dunia yang berada di antara 40 organisasi anak dan perawatan kesehatan, mengatakan tidak ada negara yang berbuat cukup untuk mendukung generasi berikutnya. “Laporan ini menunjukkan bahwa para pembuat keputusan dunia, terlalu sering, gagal terhadap anak-anak dan remaja saat ini: gagal melindungi kesehatan mereka, gagal melindungi hak-hak mereka, dan gagal melindungi planet mereka,” kata Direktur Jenderal WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus.

 Baca juga: Daftar 10 Negara Terpintar di Dunia, Nasib Indonesia?

Tedros kemudian menilai perlu adanya investasi yang dilakukan negara-negara untuk mendorong kesehatan dan perkembangan anak. “Ini harus menjadi peringatan bagi negara-negara untuk berinvestasi dalam kesehatan dan perkembangan anak, memastikan suara mereka didengar, melindungi hak-hak mereka, dan membangun masa depan yang cocok untuk anak-anak,” tambahnya.

Tidak hanya itu, laporan tersebut juga memberi peringkat negara-negara pada tingkat emisi karbon berlebih, lebih rincinya pada tingkat yang diproyeksikan pada tahun 2030. Laporan ini menunjukkan banyaknya negara terkemuka yang tercantum dalam indeks pertumbuhan anak tertinggal jauh dalam langkah keberlanjutan. Norwegia berada di peringkat ke-156 dan AS berada di urutan ke-173.

“Dari krisis iklim hingga obesitas dan pemasaran komersial yang berbahaya, anak-anak di seluruh dunia harus berhadapan dengan ancaman yang tidak dapat dibayangkan beberapa generasi yang lalu,” ujar Direktur Eksekutif UNICEF, Henrietta Fore.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini